nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasokan Listrik di Sulteng Pasca-Gempa Sudah Pulih 85%

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 17:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 12 320 1963246 pasokan-listrik-di-sulteng-pasca-gempa-sudah-pulih-85-79Gh7NStfs.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyebut saat ini pasokan listrik di wilayah Sulawesi Tengah sudah mulai membaik pasca-bencana yang melanda Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu. Saat ini, aliran listrik di Palu dan Donggala sudah mencapai 85% dari total kapasitas listrik yang ada.

Menurut Arcandra kapasitas kelistrikan sebelum bencana di Palu dan Donggala adalah 125 megawatt (mw). Sedangkan kapasitas yang terpasang saat ini sudah mencapai 102 mw.

"Kelistrikan sebelum bencana 125 Megawatt. Khusus Palu dan Donggala dan sekitarnya. Sekarang sudah 102 MW yang terpasang," ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Baca Juga: Menteri Jonan Jamin Ketersediaan Listrik hingga BBM di Palu

Dari total 102 mw, baru sekitar 60 mw yang dimanfaatkan oleh warga. Sementara sisanya masih belum dimanfaatkan karena disebabkan beberapa hal.

"Beban (listrik yang terpakai) baru sekitar 60 mw jadi masih ada margin," ucapnya.

Meskipun begitu, ke depannya Pemerintah bersama dengan PT PLN (Persero) akan mengejar agar pasokan listrik ke Palu, Donggala dan sekitarnya bisa terkait listrik 100%. Sehingga kegiatan masyarakat untuk kembali membangun ekonomi bisa berjalan dengan lancar dan cepat.

"Tapi PLN akan pulihkan beban listrik ini seperti sebelum musibah," ucapnya.

Baca Juga: Tak Ada Antrean, Pasokan BBM dan LPG di Sulteng Lancar Pasca-Gempa

Nantinya, PLN akan dibantu dengan beberapa instansi terkait juga dalam memulihkan kelistrikan di Palu, Donggala dan sekitarnya. Seperti meminta bantuan dari TNI hingga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Secepatnya. Kita juga ada bantuan dari BNPB dan juga ke TNI," tegasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini