nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tinjau GBK Ramah Disabilitas, Presiden Jokowi Minta Pintu dan Wastafel Disesuaikan

Rafida Ulfa, Jurnalis · Rabu 17 Oktober 2018 11:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 17 470 1965091 tinjau-gbk-ramah-disabilitas-presiden-jokowi-minta-pintu-dan-wastafel-disesuaikan-T2tlpJxWm1.jpg Foto: Jokowi (Setkab)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau kompleks Gelora Bung Karno Senayan, pada 16 Oktober 2018.

Presiden RI tersebut datang tidak untuk menonton pertandingan olahraga, namun untuk meninjau fasilitas umum bagi penyandang disabilitas di sana.

 

Kompleks olahraga yang belum lama menjadi lokasi penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 ini sekarang dilengkapi dengan fasilitas ramah kaum difabel.

“Toilet, musala, trotoar, atau jalur menuju bangku penonton, semua harus mudah mereka akses,” ujarnya seperti dikutip Okezone dari Facebook resminya, Rabu (17/10/2018).

Baca juga: Tinjau Fasilitas bagi Penyandang Disabilitas di GBK, Jokowi: 80% Sudah Baik

Fasilitas untuk penyandang disabilitas di GBK tersebut sudah sesuai standar persyaratan yang berlaku UU No.28/2002 tentang Bangunan Gedung, UU No.8/2016 tentang Penyandang Disabilitas.

 

Dari catatan hasil kunjungan tersebut, Jokowi memberikan catatan evaluasi untuk perbaikan fasilitas seperti pada pintu toilet yang seharusnya pintu digeser dan wastafel dinilai masih terlalu tinggi. Fasilitas difable yang disediakan di Aquatic Centerdan stadion utama yakni tribune khusus difabel, toilet difable.

Baca juga: Jokowi Ingin Seluruh Pemda Tiru DKI dalam Fasilitasi Penyandang Disabilitas

“Saya ingin mendorong agar semua sarana publik dan olahraga di provinsi, kota, kabupaten itu ramah terhadap disabilitas,” tuturnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini