nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Lulusan Militer Bisa Berguna untuk Perusahaan? Ini Jawabannya

Agregasi Minggu 28 Oktober 2018 19:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 28 320 1970043 benarkah-lulusan-militer-bisa-berguna-untuk-perusahaan-ini-jawabannya-pGaaI5xeDO.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Secara harfiah, militer adalah angkatan bersenjata yang dibentuk dengan tujuan mengamankan suatu negara. Mereka harus menempuh banyak latihan fisik yang sangat keras sampai resmi dinyatakan sebagai seorang prajurit. Nyatanya, banyak hal-hal dari militer yang bisa menjadi pegangan hidup, termasuk dalam bekerja. Simak lima hal dari militer yang berguna untuk perusahaan.

Daya juang, merupakan salah satu karakter yang terbentuk dari beberapa sifat militer. Sifat teladan ini bukan hanya bisa dimiliki prajurit saja, lho. Perusahaan juga dapat mengadopsi kebiasaan militer tersebut ke dalam kultur kerja dan kepegawaiannya. Demi kinerja yang terbaik ke depannya. Dikutip dari CekAja.com, berikut ini lima hal positif lain dari militer yang patut dicontoh.

Inisiatif tinggi

Dunia militer selalu menjunjung tinggi inisiatif dalam segala hal. Salah satu contohnya adalah ketika terjadi sebuah bencana alam, Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak akan menunggu perintah dari Presiden, namun akan secara inisiatif langsung turun ke lapangan membantu masyarakat yang sedang kesulitan.

Sifat ini perlu diterapkan pada suatu perusahaan, agar tiap pegawai terbiasa memberikan ide-ide cemerlang dan jalan keluar segala masalah tanpa diminta demi kemajuan bersama.

Pantang menyerah


Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko masing-masing. Di situlah sifat pantang menyerah seorang prajurit dibutuhkan. Melihat betapa sulitnya latihan fisik yang harus mereka jalani setiap hari, tentu tidak mungkin semuanya langsung berhasil terlewati.

Dengan memiliki sikap pantang menyerah, seseorang tidak akan takut menentukan sebuah keputusan saat bekerja. Bagaimana pun hasilnya nanti, tidak akan mempengaruhi semangatnya membangun perusahaan menjadi lebih baik lagi

Apalagi jika perusahaan yang dinauingi tergolong start up. Persaingan yang ketat harus mau tak mau harus dihadapi dengan nilai militer ini. Jika tidak, pastinya akan sulit untuk berada di puncak kesuksesan. 

Sabar


Seorang prajurit biasanya akan ditugaskan ke seluruh pelosok negeri. Bukan hanya kota besar seperti Jakarta atau Surabaya saja. Berpindah ke kota kecil yang asing bagi mereka butuh kesabaran untuk berdaptasi dan bertahan hidup bagaimanapun keadaannya.

Hal positif dari militer ini juga perlu diaplikasikan dalam kehidupan di perusahaan. Apapun kendala yang muncul, kunci utama agar tetap bisa bekerja dengan baik adalah bersikap sabar. Emosi hanya akan memperkeruh suasana, sehingga solusi pun sulit ditemukan.

Rela berkorban

Berkorban demi orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun merupakan sifat yang wajib dimiliki seorang prajurit. Dalam suatu perusahaan, secara tidak langsung hal ini juga kerap terjadi.

Terlebih bagi para pegawai yang memulai karirnya di usia yang sangaat muda, mungkin harus sedikit merelakan waktu bermainnya. Belum lagi seorang ibu yang tidak bisa memiliki waktu 24 jam untuk anak karena setengah harinya dihabiskan di tempat kerja. Namun percayalah di balik semua pengorbanan tadi, selalu ada hasil dari kerja keras yang tidak pernah sia-sia.

Loyal


Adanya sistem pemerintahan garis lurus atau sistem komando di dunia milier, mengharuskan setiap prajurit patuh dan taat serta rela melakukan apapun atas perintah pimpinan tanpa ada pikiran untuk menolak atau bahkan protes sekalipun. Meski tidak sekeras kehidupan militer, setiap perusahaan pasti juga mengharapkan pegawainya untuk bersikap loyal.

Loyalitas amat dibutuhkan dalam bekerja. Bukan hanya bagi pihak perusahaan, akan tetapi juga berpengaruh pada rekam jejak pegawai. Tentu siapapun tidak mau dianggap tidak serius berkarir, saat melihat riwayat kerja seseorang yang terlalu sering berpindah dari satu kantor ke kantor lain dalam waktu singkat.

Maka itu, untuk membangun sifat ini, perusahaan perlu menyeleksi calon pegawai dengan lebih teliti lagi. Kemudian ciptakanlah suasana kerja yang kondusif agar timbul kenyamanan untuk selalu menajdi bagian dari perusahaan tersebut.

Sudahkah Anda menerapkan kelima sifat militer di atas? Tidak selamanya militer itu identik dengan kekerasan. Buktinya, rata-rata hal yang bisa diambil dari kehidupan para prajurit justru mengandung nilai positif yang berguna bagi perusahaan.

Bahkan tak hanya perusahaan, namun juga masa depan karir setiap pekerjanya. Apabila dapat diterapkan dengan baik, otomatis akan sangat menguntungkan kedua belah pihak.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini