Share

11 Pesawat Boeing 737 Max 8 Layak Beroperasi

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 03 November 2018 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 03 320 1972824 11-pesawat-boeing-737-max-8-layak-beroperasi-xeQrfWswXO.jpeg Sekjen Kemenhub Djoko (Foto: Dani/Okezone)

BANDUNG - Kementerian Perhubungan melakukan pemeriksaan (rampcheck) kelaikudaraan pesawat Boeing 737 Max 8. Hal tersebut dilakukan menyusul jatuhnya pesawat Lion Air PK-LWP JT-610 di perairan Karawang Senin 29 Oktober 2018.

Ada sekitar 11 Pesawat Boeing 737 Max 8 yang dilakukan pemeriksaan ulang. Dari 11 pesawat tersebut, 10 milik Lion Air dan 1 milik Garuda Indonesia. Menurut Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono dari 11 pesawat Boeing 737 Max 8 yang diperiksa, seluruhnya memenuhi ketentuan alias laik beroperasi.

Baca Juga: Pesawat Lion Air Jatuh, Intensifikasi Uji Kelaikan Terbang Ditingkatkan

"Dari 11 pesawat Boeing 737 max 8 tidak ada yang membuat tidak bisa dioperasikan. Berdasarkan temuan semua memenuhi," kata Djoko di Lembang, Bandung (3/11/2018).

Untuk masalah pesawat Lion Air JT 610 saat ini masih terus dilakukan pemeriksaan pasca-ditemukannya black box. Setidaknya membutuhkan waktu 6 bulan untuk mengetahui apa yang terjadi dengan Lion Air JT 610.

 

Seperti yang diberitakan Okezone, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Pramintohadi Sukarno mengatakan, hingga saat ini sudah ada enam pesawat Boeing 737 Max 8 yang sudah dilakukan rampcheck ulang. Meskipun begitu, dirinya tidak menyebutkan pesawat milik siapa yang sudah dilakukan rampcheck.

Pemeriksaan sendiri meliputi seluruh hal yang berkaitan dengan kelaikudaraan pesawat. Seperti aspek persoalan yang berulang, pelaksanaan penyelesaian Masalah, pelaksanaan aspek kelaikudaraan, kelengkapan peralatan, dan juga manajemen operator dalam menangani permasalahan teknis.

Baca Juga: Fakta-Fakta Kontroversial Gaji Pilot Lion Air Rp3,7 juta

"Kita melaksanakan pemeriksaan terhadap Boeing 737 Max 8 setelah jatuhnya pesawat Lion JT-610 saat ini masih ada 11 untuk jenis yang sama dioperasikan 1 oleh Garuda Indonesia dan 10 oleh Lion Air," ujarnya dalam acara Konfrensi Pers di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat 2 November 2018.

Dari hasil rampcheck, lanjut Pram, seluruhnya dalam keadaan baik dan laik untuk terbang. Meskipun dalam pengecekan, ada salah satu pesawat yang memiliki temuan, namun hal tersebut hanya bersifat minor dan sudah bisa diatasi.

lion

"Kita melakukan rampcheck ada 6 pesawat. Semua yang diperiksa pada umumnya dalam kondisi baik tidak ada temuan tidak bilang ada di kondisi ini rutin memang pemeriksaan, tapi ini memang ini khusus karena yang saya jelaskan di dalam pemeriksaan ada satu pesawat yang kategori minor dan sudah diselesaikan sehingga statusnya tidak berkurang," jelasnya.

Ke depannya, Kemenhub akan mempercepat pemeriksaan pada sisa pesawat Boeing 737 Max 8 tersebut. Bagi yang sudah diperiksa atau rampcheck, Kemenhub juga akan terus memantau perkembangannya setiap hari.

"Kita mengambil pemeriksaan di Soekarno Hatta dan Medan. Kemudian dari semua yang diperiksa pada umumnya dalam kondisi baik tidak ada temuan kita akan periksa rutin untuk memastikan memang tidak ada masalah," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini