nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

The Fed Tahan Suku Bunga di 2%-2,25%

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 07:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 09 20 1975363 the-fed-tahan-suku-bunga-di-2-2-25-NDmD7K2lm7.jpg The Fed (Foto: Reuters)

JAKARTA - Federal Reserve AS memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan. Hal ini sejalan dengan ekspektasi pasar dan rencana bank sentral yang menaikkan suku bunga pada bulan Desember.

The Fed memutuskan untuk mempertahankan kisaran target untuk tingkat dana federal pada 2 hingga 2,25%, bank sentral mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah mengakhiri pertemuan kebijakan dua hari.

The Fed mengatakan pasar tenaga kerja AS terus menguat dan kegiatan ekonomi "telah meningkat pada tingkat yang kuat" sejak pertemuan kebijakan terakhir pada bulan September, ketika menaikkan suku untuk ketiga kalinya tahun ini.

Baca Juga: Fed Rate Naik, Sri Mulyani: Perekonomian RI Cukup Fleksibel

Sementara belanja rumah tangga terus tumbuh kuat, pertumbuhan investasi tetap bisnis "telah dimoderasi" dari kecepatannya yang cepat pada awal tahun, Fed mencatat, menambahkan baik keseluruhan inflasi dan apa yang disebut inflasi inti untuk barang-barang selain makanan dan energi "tetap dekat” target bank sentral 2%.

Pertemuan The Fed datang setelah Departemen Tenaga Kerja melaporkan pekan lalu bahwa ekonomi AS menambahkan 250.000 pekerjaan lebih besar dari perkiraan pada bulan Oktober, dengan tingkat pengangguran tidak berubah pada 3,7%, tingkat terendah dalam hampir lima dekade.

fed

Dalam perkiraan terbaru pada bulan September, Fed membayangkan satu kenaikan suku bunga pada 2018 dan tiga lagi pada 2019. Bank sentral akan mengadakan pertemuan kebijakan berikutnya pada 18-19 Desember.

Beberapa pejabat Fed juga percaya bahwa suku bunga AS mungkin harus naik cukup tinggi untuk mencegah ekonomi terlalu panas, menurut risalah pertemuan kebijakan September Fed yang dirilis bulan lalu.

Baca Juga: The Fed Naikkan Suku Bunga Jadi 2%-2,25%

Sementara Presiden AS Donald Trump baru-baru ini mengkritik pembuat kebijakan Fed karena menaikkan suku bunga, Ketua Fed Jerome Powell telah berjanji bahwa bank sentral akan tetap independen secara politik.

"Kami menganggap pemikiran terbaik, teori terbaik, dan bukti terbaik ... kami tidak mempertimbangkan faktor politik atau hal-hal seperti itu," Powell mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers pada bulan September, dikutip dari Xinhua, Jumat (9/11/2018).

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini