nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Butuh Pinjaman Usaha? Cek Kelayakan Kredit Anda

Minggu 11 November 2018 07:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 09 320 1975662 butuh-pinjaman-usaha-cek-kelayakan-kredit-anda-9JWvVaxOQ8.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Di masa-masa awal membuka usaha, modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit karena Anda membangun usaha dari nol. Itulah mengapa mengajukan pinjaman usaha amat diperlukan.

Namun, kelayakan kredit menjadi salah satu faktor pemberian pinjaman usaha. Nah, berikut penjelasan soal kelayakan kredit dalam pinjaman usaha.

Dengan meminjam dana tersebut, bukan berarti debitur bisa sesuka hati mengembalikannya. Ada beberapa ketentukan yang harus disepakati terkait pembayaran kredit, seperti tenor dan jumlah cicilan beserta bunganya per bulan.

 Baca Juga: Tips Mendapatkan Modal untuk Menjalankan Usaha

Untuk mendapatkan pinjaman usaha ini, tentunya membutuhkan sejumlah langkah khusus. Tidak mudah, tapi tidak juga sulit jika benar-benar memahaminya. Salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah faktor-faktor kelayakan kredit Anda pribadi.

Layak atau tidaknya seseorang untuk menerima pinjaman usaha, diatur dalam analisa kredit yang disebut prinsip 3R. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya seperti dikutip CekAja, Minggu (11/11/2018).

1. Return

Faktor pertama dalam analisa kredit yang pertama ialah Return. Return mencakup analisa kredit atas hasil yang akan dicapai oleh perusahaan calon peminjam setelah mendapatkan pinjaman usaha. Dalam artian, apakah hasil tersebut cukup untuk menutup hasil pinjaman sekaligus memungkinkan pula usahanya untuk selalu berkembang.

2. Repayment

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Kredit untuk Modal Usaha

Sebagai kelanjutan dari return diatas, repayment atau kemampuan membayar cicilan per bulannya juga ikut diperhitungkan. Termasuk berapa lama jangka waktu pengembalian kembali kredit yang sanggup Anda pertanggungjawabkan.

3. Risk Bearing Activity

Terakhir ada Risk Bearing Activity. Faktor ini menentukan sejauh mana Anda selaku pemilik usaha terus bertahan untuk menanggung resiko kegagalan jika sewaktu-waktu terjadi suatu hal yang tidak diinginkan di kemudia hari. Jika Anda dinilai mampu menangani kemungkinan buruk tersebut, maka pihak bank pun percaya bahwasanya kredit tidak akan terbengkalai.

 

Pentingnya Analisa Kelayakan Kredit

Baca Juga: Mau Usaha dengan Pinjam Uang? Perhatikan Hal Ini dengan Cermat

Dalam pelaksanaan penilaian kredit, bank harus selalu mempertimbangkan berbagai faktor-faktor yang terkait, agar kredit yang akan dipinjamkan dapat memiliki manfaat dan tidak merugikan bank maupun debitur di masa depan. Analisa kredit memiliki beberapa fungsi lain dari segi perbankan. Di antaranya adalah:

- Sebagai dasar bagi bank dalam menentukan tingkat suku bunga kredit dan jaminan yang disyaratkan untuk dipenuhi nasabah,

- Sarana untuk pengendalian risiko yang akan dihadapi bank,

- Syarat kredit dan sarana untuk struktur, jumlah kredit, jangka waktu kredit, sifa kredit, tujuan kredit, dan sebagainya,

- Sebagai bahan pertimbangan pimpinan/direksi bank dalam proses pengambilan keputusan,

- Sebagai alat informasi yang diperlukan untuk evaluasi kredit.

Selain Faktor Kelayakan, 6 Hal Ini Tak Kalah Penting

Ketika Anda sudah mulai mengajukan pinjaman usaha khususnya kepada bank, penting untuk juga memahami 6 hal di bawah ini.

- Tanyakan kepada petugas bank mengenai kewajiban pokok, bunga, biaya-biaya yang dikenakan sebelum mengajukan permohonan kredit.

- Perhitungkan kemampuan usaha Anda dalam membayar cicilan pokok / bunga kredit yang wajib dibayar setiap bulannya.

- Gunakan fasilitas kredit yang diterima sesuai dengan tujuan, yakni membiayai usaha Anda. Ingatlah bahwa penyalahgunaan dana kredit dapat membahayakan kelangsungan usaha.

- Sikap terbuka terhadap bank dengan memberi informasi yang jelas mengenai usaha Anda akan sangat membantu bank untuk penilaian kelayakan pemberian kredit.

- Pastikan Anda memahami perjanjian kredit yang akan ditandatangani.

- Pemberian kredit dari bank merupakan ukuran kepercayaan. Jagalah reputasi Anda dengan memenuhi kewajiban pembayaran secara tepat waktu dan jumlah sesuai dengan perjanjian kredit, untuk menghindari nama Anda tercantum dalam Daftar Kredit Macet.

Jadi sebagai pelaku usaha yang hendak mengajukan pinjaman, sudahkan Anda memenuhi faktor-faktor kelayakan kredit tadi? Bila sudah, langsung ajukan pinjaman usaha Anda dari sekarang.

Suatu usaha pada dasarnya harus dimulai dengan keberanian, termasuk upaya dalam memperoleh modal. Selagi usaha Anda memang cukup memberi prospek menjanjikan, percayalah nantinya semua kredit pinjaman ini pasti akan terbayarkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini