nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaji Ulang Aturan Maskapai Berbiaya Murah, Menhub Soroti Standar Keselamatan

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 12:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 14 320 1977652 kaji-ulang-aturan-maskapai-berbiaya-murah-menhub-soroti-standar-keselamatan-fCZXutVN4f.jpg Ilustrasi: Foto Setkab

JAKARTA - Pemerintah akan mengevaluasi penerbangan bertarif rendah atau low cost carrier (LCC) yang diterapkan sejumlah maskapai Tanah Air selama ini, termasuk tarif yang dikenakan.

Upaya ini diambil untuk meningkatkan keselamatan penerbangan. Langkah evaluasi LCC ini mengemuka di tengah keprihatinan bangsa ini setelah terulangnya kembali musibah kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 saat terbang dari Jakarta menuju Pangkal pinang di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat

Baca Juga: Menhub Siap Naikkan Harga Tiket Penerbangan Murah

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan peninjauan kembali seluruh peraturan yang ada, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan aspek teknis dan batasan tarif bawah dari layanan LCC tersebut.

"Kita masih melakukan pengkajian ulang terkait LCC tersebut," ujarnya di Hotel Mercure, Jakarta Pusat, Rabu (14/11/2018).

Dia menegaskan bahwa tidak ada perbedaan antara layanan LCC dengan layanan penerbangan lainnya. Pasalnya, standar keselamatan yang harus dipenuhi oleh maskapai yang menawarkan layanan LCC tersebut, sama pentingnya dengan layanan maskapai lain di dalam aspek keselamatan tersebut.

"Jadi, LCC dengan yang lain itu sama, enggak ada perbedaan bahwa LCC itu mesti lebih rendah dan lain sebagainya. Standar keselamatannya itu dia tetap harus sama dengan yang lain," ujarnya.

 Baca Juga: Merancang Terminal Khusus Maskapai Penerbangan Murah

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) prihatin dengan maskapai Lion Air JT 610 nomor registrasi PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Kepala Negara memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk memperketat manajemen keselamatan penumpang pesawat.

"Saya sampaikan ke Menteri (Perhubungan Budi Karya) untuk perketat manajemen keselamatan penumpang pesawat," kata di seremoni pembukaan Pameran Konstruksi Indonesia 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini