nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI-Jepang Kerja Sama Energi Terbarukan

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 11:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 15 320 1978116 ri-jepang-kerja-sama-energi-terbarukan-9QOFMdOVVr.JPG PLTB Sidrap (Foto: Laman Kementerian ESDM)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Jepang melalui The Japan Business Alliance for Smart Energy Worldwide (Jase-W) memperkuat kerja sama energi baru terbarukan (EBT).

Kerjasama kedua Negara tersebut melalui penyelenggaraan forum sektoral untuk membahas pengembangan energi baru terbarukan Japan-Indonesia Business Forum for Energy Efficiency, Conservation, and Renewable Energy (JIBF).

Melalui forum ini, Jepang memperkenalkan teknologi hemat energi dan EBT guna mem bantu menyelesaikan isu energi di Tanah Air. Pertemuan ini juga merupakan realisasi dari dokumen action plan yang dihasilkan pada pertemuan the 5th Indonesia-Japan Energy Forum, yang telah dilaksanakan di Tokyo, Jepang, pada 8 Mei 2018.

 Baca Juga: 34 Provinsi Sepakat Bangun Pembangkit Energi Terbarukan

Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Harris mengatakan, peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Jepang ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian kedua negara.

Selain itu, juga bisa meningkatkan kemampuan dalam hal manajemen energi dengan menekankan prinsip ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Memang masih ada tantangan dalam hal teknologi untuk mengembangkan EBT di Indonesia,dan Jepang memiliki teknologi yang maju serta mumpuni di bidang ini. Kita dapat belajar dari pengalaman dan kepiawaian Jepang yang sudah terbukti dan tepercaya,” kata Harris di Jakarta.

Menurut dia, masyarakat Indonesia saat ini telah mulai memiliki kesadaran mengenai pentingnya menggunakan energi dengan bijak dan efisien.

Kesadaran akan perlunya menggunakan teknologi ramah lingkungan pun telah semakin meningkat, demi masa depan yang lebih baik. Di sisi lain, pemerintah Indonesia juga akan menawarkan Jepang untuk berinvestasi di sejumlah proyek energi baru dan terbarukan di Indonesia.

 Baca Juga: Gencarkan EBT, JK: Dulu Sembako, Sekarang Listrik Kebutuhan Utama Kita

Salah satunya investasi di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Harris menjelaskan, saat ini sudah ada satu proyek PLTB yang terbangun yaitu PLTB Sidrap dengan kapasitas 75 megawatt. Kincir angin listrik pertama di Indonesia ini diharapkan dapat mendorong proyek yang sama di berbagai wilayah di Indonesia.

Sementara itu, Executive Committee Chairman of Japan-Indonesia Business Forum Industri for Energy Efficiency Conservation and Renewable Energy Nobuaki Aoyama mengatakan, forum ini bertujuan memberikan sumbangsih positif di bidang energi dan konservasi bagi kedua belah pihak sekaligus memperkuat hubungan kerja sama antara Jepang dan Indonesia.

Dia berharap melalui ajang ini didapatkan solusi untuk me nyelesaikan isu energi yang ada Indonesia. (Heru Febrianto)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini