Digitalisasi Pelabuhan, Pelindo I Dapat Kredit Sindikasi Rp1,3 Triliun

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 19 November 2018 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 19 320 1979697 digitalisasi-pelabuhan-pelindo-i-dapat-kredit-sindikasi-rp1-3-triliun-0Ah9hsjXQ7.jpg Pelindo dapat kredit untuk digitalisasi pelabuhan. (Foto: Yohana AU/Okezone)

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menandatangani Kerjasama Pembiayaan Investasi sebesar Rp1,3 triliun dengan tiga bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ketiganya yakni Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI.

Adapun penandatanganan perjanjian fasilitas kredit sindikasi ini berjangka waktu 7 tahun.

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana menyatakan, dana kredit yang diterima akan digunakan untuk pembelian alat-alat, penguatan dermaga dan penerapan digitalisasi serta sistem cashless di sejumlah pelabuhan utama di Indonesia bagian barat.

Baca Juga : Pelabuhan Patimban Siap Mulai Dibangun Akhir Juli

Di antaranya penataan Pelabuhan Belawan, perkuatan dermaga petikemas di Pelabuhan Perawang di Pekanbaru, perpanjangan dermaga di Pelabuhan Dumai, pembangunan dermaga Pelabuhan Sei Kolak Kijang di Tanjung Pinang, dan penataan Pelabuhan Malahayati.

“Selain investasi sarana fisik, penguatan penerapan digitalisasi serta sistem cashless di pelabuhan adalah menjadi prioritas Pelindo I. Melalui langkah ini diharapkan akan membuat biaya logistik nasional semakin efisien,” kata Bambang dalam acara penandatangan kerjasama di Hotel Borodudur, Jakarta, Senin (19/11/2018).

Selain itu, Pelindo I juga akan memanfaatkan kredit ini untuk meningkatkan sarana dan prasarana pelabuhan penumpang. Di antaranya adalah penataan terminal penumpang Sibolga, pembangunan terminal penumpang baru di Pelabuhan Sei Kolak Kijang, pengoperasioan pelabuhan penumpang internasional dan domestik Tanjung Balai Karimun di Tanjung Penagak.

Bambang menjelaskan, dalam melakukan digitalisasi pelabuhan, Pelindo I telah transformasi dalam proses bisnis baik front end, back end maupun business supporting, seperti penerapan Integrated Billing System (IBS), e-berthing serta e-money melalui kerjasama dengan bank-bank BUMN.

"Investasi baru ini sekaligus akan semakin memperkuat penerapan digitalisasi industri pelabuhan di Pelindo I," kata dia.

Baca Juga : Lepas dari Jasa Marga, Refly Harun Berlabuh ke Pelindo I

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatangan Pembiayaan Subordinasi Kredit Investasi PT Prima Multi Terminal dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar Rp 479 miliar. Selain itu, juga Pernyataan Kembali Pembiayaan Fasilitas Kredit Investasi PT Prima Multi Terminal sebesar Rp2,1 triliun.

Kredit yang digunakan membiayai pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung ini telah diterima anak usaha Pelindo I tersebut pada tahun 2016 dari sindikasi tiga bank BUMN, yaitu Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BNI.

"Kredit dari sejumlah lembaga keuangan menunjukkan kepercayaan kepada kinerja perseroan. Semoga sinergi BUMN membuat masyarakat mendapatkan Iayanan yang semakin meningkat dan berdaya saing tinggi," pungkasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini