Share

Saham Nissan Anjlok Usai Penangkapan Carlos Ghson

Rany Fauziah, Jurnalis · Selasa 20 November 2018 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 20 278 1980195 saham-nissan-anjlok-usai-penangkapan-carlos-ghson-1sUYUfZqKb.jpg Carlos Ghosn (Foto: Automotive News)

JAKARTA - Saham Nissan merosot setelah terjadi penangkapan pada Chairman perusahaan tersebut, Carlos Ghosn. Saham produsen mobil ini anjlok 6% di awal perdagangan Tokyo.

Nissan merupakan produsen mobil terbesar ke-enam di dunia dan pabrik mobil terbesar di Inggris bertempat di Sunderland. Mr. Ghosn juga memimpin aliansi Jepang-Perancis Renault-Nissan-Mitsubishi.

Baca Juga: Bos Nissan Carlos Ghosn Terima 3 Kali Gaji Sebulan, Totalnya Fantastis

Melansir BBC, Selasa (20/11/2018), Mr Ghosn akan dipecat dari Nissan setelah rapat dewan pada hari Kamis. Dewan Mitsubishi dan Renault juga bertemu pekan ini untuk membahas masa depan Mr. Ghosn.

“Dia dituduh karena kurang melaporkan pendapatannya sebesar 5 miliar yen (USD44,4 juta) selama lima tahun. Dia juga dikatakan telah menggunakan aset perusahaan untuk tujuan pribadi” kata Jaksa Jepang.

Baca Juga: Cara Carlos Ghosn Lakukan Penyimpangan Dana Perusahaan Aliansi Nissan

Perusahaan milik Ghosn mengatakan, penyelidikan internal yang diminta oleh seorang pengungkap fakta telah mengungkapkan tindakan pelanggaran yang signifikan.

Begitu pula saham Mitsubishi juga turun lebih dari 7% pada awal perdagangan Tokyo, sementara saham Renault kehilangan lebih dari 8% di Eropa.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini