nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Guru Bersertifikat Bisa Dapat Nilai 100 saat SKB CPNS

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 20:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 22 320 1981450 guru-bersertifikat-bisa-dapat-nilai-100-saat-skb-cpns-tlP2owNUbR.jpeg Ilustrasi: Foto Setkab

JAKARTA - Kabar gembira bagi para peserta yang mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 untuk formasi guru. Pasalnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyiapkan kebijakan khusus para guru dalam Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) nanti.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, dalam SKB nanti para guru akan diberikan nilai 100 oleh pemerintah yang artinya secara otomatis akan lulus tes CPNS. Namun, para guru yang akan diberikan nilai 100 tersebut harus memiliki sertifikat mengajar

"Untuk guru kalau punya sertifikat guru (mengajar) dia tidak perlu mengikuti tes SKB-nya. Nilainya langsung 100," ujarnya dalam acara Konfrensi pers di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Kamis (22/12/2018).

Baca Juga: SKB CPNS Digelar 1-4 Desember, Ini Bocoran Soalnya

Menurut Bima, alasan mengapa diberikan nilai 100 adalah karena guru yang bersangkutan dianggap sudah memiliki keterampilan dalam mengajar. Oleh sebabnya, pemerintah memberikan kebijakannya tersebut untuk mempermudah proses rekrutmen CPNS guru.

"Karena memang dibutuhkan sertifikasi (mengajar) untuk CPNS guru," ucapnya.

Bima mengatakan, akan dilakukan pada awal bulan depan. Tepatnya pada tanggal 1-4 Desember.

 Baca Juga: Peserta CPNS Lolos Passing Grade Dapat Keistimewaan saat SKB

Nantinya tes tersebut akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah khusus untuk mereka yang menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan yang kedua adalah sistem yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) milik BKN.

Adapun untuk tes yang menggunakan sistem UNBK akan dilakukan pada tanggal 1-2 Desember. Sementara untuk peserta yang melakukan SKB dengan menggunakan sistem CAT milik BKN akan dilakukan pada 3-4 Desember 2018.

"Tesnya karena tidak sebanyak SKD, maksimum yang ikut tes SKD kan 260 orang. Sehingga tempat tesnya tidak sebanyak tanggal 4 diharapkan kita sudah melakukan tes SKB," ujarnya

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini