nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alibaba Jadi Biang Kerok Melejitnya Impor Barang Konsumsi RI

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 20:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 28 320 1984218 alibaba-jadi-biang-kerok-melejitnya-impor-barang-konsumsi-ri-maYgeFJZzi.png Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut impor barang konsumsi masih tinggi pada bulan ini. Hal ini disebabkan tingginya tren belanja online di Indonesia.

Salah satu penyumbang impor barang belanja online berasal dari Tiongkok. Apalagi saat hari belanja online terbesar yang dihelat Alibaba pada 11 November lalu.

Pada hari belanja internasional tersebut, penjualan kotor Alibaba mencapai Rp462 triliun. Angka tersebut tumbuh melambat sebesar 27% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 lalu.

"Di China waktu acara Alibaba orang banyak belanja satu hari itu. Orang Indonesia juga banyak belanja, masa mau di stop," ujarnya dalam acara Pertamina Energy Forum (PEF) 2018 di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Baca Juga: Dimotori Nonmigas, Impor Indonesia Meroket ke USD17,62 Miliar

Secara rinci Menko Darmin pun menjabarkan komposisi impor Indonesia hingga saat ini. Menurut Darmin, impor tertinggi masih berasal dari bahan baku setengah jadi dengan porsi sebesar 70%.

Kemudian disusul oleh impor barang modal dengan 20%. Lalu terakhir 10% merupakan impor barang konsumsi yang mana meskipun angkanya kecil namun pertumbuhannya cukup tinggi.

"Walaupun barang konsumsi tiba-tiba melejit cepat, tampaknya didukung oleh e-commerce," ucapnya.

Baca Juga: Begini Caranya Kurangi Ketergantungan Impor Terigu

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Oktober 2018 masih mengalami defisit. Tercatat neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit sebesar USD1,82 miliar.

Defisit neraca perdagangan pada 2018 ini disebabkan lonjakan impor yang masih tinggi. Adapun lonjakan impor sendiri mencapai 23,66%

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini