nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Fakta Tol yang Rampung Pekan Ini: Ciawi-Sukabumi Kini hanya 20 Menit

Andrea Heschaida Nugroho, Jurnalis · Sabtu 01 Desember 2018 08:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 30 470 1985124 6-fakta-tol-yang-rampung-pekan-ini-ciawi-sukabumi-kini-hanya-20-menit-IqqUVzUiQs.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA – Pekan ini ada 3 tol yang sudah selesai dikerjakan dan siap untuk beroperasi. Berikut 6 fakta menarik yang dirangkum Okezone, Sabtu (30/11/2018), mengenai tol yang rampung pekan ini:

1. Jalan Tol Solo-Kertasono hemat waktu 2 jam

Jalan Tol ini telah selesai dikerjakan. Awalnya, perjalanan ini membutuhkan waktu empat jam. Kini dengan jalan tol, waktu tempuh dipersingkat menjadi dua jam. Artinya, jalan tersebut mampu meningkatkan efisiensi di bidang transportasi serta logistik. Jalan tol ini melewati beberapa kabupaten, sehingga mampu membangun pertumbuhan ekonomi wilayah-wilayah yang dilaluinya.

2. Waktu tempuh Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I hanya 20 menit

Tol Ciawi-Sukabumi yang memiliki panjang sekitar 15,35 kilometer (km) ini akan segera digunakan untuk melayani masyarakat. Kehadiran ruas tol itu akan mengubah waktu tempuh dari beberapa jam menjadi beberapa menit.

“Jarak tempuh Ciawi-Cigombong sekitar dua jam. Sekarang, dengan tol ini waktu tempuh menjadi 20 menit saja,” dikutip dari Instagram Kementerian BUMN.

Pengelola Tol Desari Mulai Berlakukan Tarif Normal

3. Tarif Tol Sragen-Ngawi dipatok Rp1.000 per km

Jalan tol Solo-Ngawi seksi III Sragen-Ngawi siap dioperasikan. Adapun tarif dari ruas tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Ngawi ini akan diberlakukan tarif Rp1.000 per kilometer (km). Bahkan tarif tersebut sudah disetujui oleh Kementerian PUPR lewat Surat Keterangan (SK) tarif yang ditandatangani langsung oleh Menteri PUPR.

4. Resmikan Tol Sragen-Ngawi, Jokowi bahagia

Hadir dengan busana kemeja putih dan celana hitam, Jokowi meresmikan pembukaan jalan tol ruas Sragen-Ngawi.

“Saya sangat berbahagia sekali pagi ini akan kita resmikan Jalan Tol Solo-Ngawi di segmen Sragen-Ngawi. Artinya sebentar lagi dari Jakarta sampai Surabaya di akhir tahun ini Insya Allah sudah sambung semuanya,” jelas Jokowi.

Pengelola Tol Desari Mulai Berlakukan Tarif Normal

5. Usai diresmikan, Tol Sragen-Ngawi gratis selama seminggu

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno mengatakan, selama seminggu ini masyarakat bisa dapat menikmati jalan tol segmen tersebut dengan tarif Rp0 (gratis), pada hari yang sama pukul 21.00 WIB sebagai bentuk sosialisasi tarif dan golongan kendaraan.

6. Tarif Tol Jakarta-Surabaya Rp600.000

Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, dengan beroperasinya ruas jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya akan menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat.

“Terkait masalah tarif tol dari Jakarta-Surabaya yang emncapai Rp600.000 menurut saya itu tidak membebankan masyarakat, karena tol ini kan hanya sebagai alternative dari jalan arteri,” kata Djoko. (yau)

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini