nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Ingin seperti Dinosaurus, Ini yang Dilakukan Bank Hadapi Era Digital

Ade Rachma Unzilla , Jurnalis · Sabtu 08 Desember 2018 10:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 08 20 1988454 tak-ingin-seperti-dinosaurus-ini-yang-dilakukan-bank-hadapi-era-digital-me4UuoBw61.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengingatkan kepada perbankan Tanah Air agar mampu berinovasi di era digital untuk memenangkan kompetisi yang sudah sengit. Jokowi juga meminta para perbankan kreatif agar tidak ketinggalan dengan perbankan global.

Tidak hanya itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengingatkan perbankan agar melek teknologi. Sebab, perbankan yang tidak memanfaatkan perkembangan teknologi akan tergerus dan punah seperti dinosaurus.

Menurut Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) Maryono, kebutuhan dana dan kredit akan terus meningkat, karena itu bank harus cepat beradaptasi dengan perkembangan technology digital bersaing dengan maraknya peminat fintech.

“Startup harus dirangkul perbankan, karena menguntungkan perbankan dan yang terpenting mempermudah masyarakat menikmati akses layanan perbankan yang mereka butuhkan,” kata Maryono dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (8/12/2018).

Untuk itu, BTN berkolaborasi dengan empat startup untuk mendukung bisnis perseroan. Empat startup tersebut yakni KYCKI, ManPro, Gradana dan Buildeco.

"Saat ini kami berkolaborasi dengan empat startup ini untuk mendukung bisnis di antaranya mempercepat pelayanan kepada nasabah. Kalau untuk akuisisi masih perlu kajian lebih lanjut," ujarnya

Maryono mengungkapkan, untuk kolaborasi dengan KYKCI akan mempermudah nasabah BTN mengisi data dalam pembukaan rekening tabungan. Dengan penggunaan teknologi optical character recognation (OCR) pembukaan rekening tabungan hanya memerlukan foto KTP. Kemudian dengan Manpro, BTN bekerja sama dalam penggunaan aplikasi monitoring pembangunan proyek perumahan agar sesuai dengan rencana anggaran biayanya.

(Baca juga: Era Digital, Presiden Jokowi Ingin Online dan Offline Berkolaborasi)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini