nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HK Realtindo Rogoh Rp2,1 Triliun Bangun Rusun Nempel Stasiun

Senin 10 Desember 2018 17:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 10 470 1989298 hk-realtindo-rogoh-rp2-1-triliun-bangun-rusun-nempel-stasiun-RyRpZ8tcNC.jpg Foto: Rusun Nempel Stasiun (Hambali/Okezone)

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) melalui anak usahanya PT HK Realtindo (HKR) berupaya mendukung program satu juta rumah dengan mengembangkan rumah susun (rusun) terintegrasi transportasi di stasiun Jurangmangu.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan, total investasi proyek ini sekitar Rp2,1 triliun. Dengan total unit sebanyak 4.510 unit dan akan terbagi menjadi enam tower di atas lahan seluas 4,6 hektare (ha).

"Total unit yang akan dibangun oleh PT HK Realtindo di kawasan Stasiun Jurangmangu sebanyak 4.510 unit," ujarnya di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Senin (10/12/2018).

Baca Juga: Adhi Karya Bangun 300 Rusun Subsidi Nempel Stasiun Cisauk

Sementara itu, pelaksanaan pembangunannya akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dilakukan optimalisasi stasiun dan dibangun tiga tower apartemen dengan kapasitas sekitar 1.500 unit dengan total investasi sekitar Rp891 miliar.

Tahap kedua akan dibangun sekitar 2.300 unit dan baru akan dilaksanakan setelah seluruh pembangunan tahap pertama selesai dilakukan. Adapun pembangunan rencananya akan dimulai pada semester I-2019 dan ditargetkan selesai tahun 2023.

"Saat ini, perizinan hunian terintegrasi Stasiun Jurangmangu masih dalam proses," kata dia.

Sebagai salah satu perusahaan berpelat merah yang bergerak di bidang konstruksi, Hutama Karya berusaha memenuhi kebutuhan hunian untuk masyarakat, terutama bagi masyarakat yang belum memiliki rumah seperti masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Oleh karenanya, pihaknya memberikan jatah sekitar 30% atau sekitar 450 unit hunian untuk MBR di Jakarta dan sekitarnya untuk bisa memiliki hunian yang layak. Hunian untuk MBR tersebut akan dijual dengan harga Rp8 juta per meter persegi dengan luas mulai dari 32 meter persegi.

 Baca Juga: Ada Rusun Nempel 3 Stasiun di Tangerang Senilai Rp6 Triliun, Catat Lokasinya!

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan rusun yang menempel dengan stasiun ini agar memudahkan masyarakat menjangkau KRL Jabodetabek. Dengan demikian dapat mengurangi kepadatan kendaraan bermotor di jalan rata.

"Maka efisiensi pergerakan sangat dibutuhkan sehingga hunian ini dapat dijadikan inisiasi yang baik. Saya pikir hari ini kita melakukan kegiatan yang membanggakan. Kami ucapkan selamat pada tiga BUMN yang bersinergi dengan luar biasa," ucapnya saat pembukaan di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang, Senin (10/12/2018).

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini