nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Beli Rusun di Dekat Stasiun? Siapkan Rp250 Juta

Senin 10 Desember 2018 17:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 10 470 1989301 mau-beli-rusun-di-dekat-stasiun-siapkan-rp250-juta-k2CDU8CYtT.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas) tengah membangun rumah susun (rusun) yang terintegrasi dengan transportasi di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan. Adapun nantinya rusun ini akan dinamakan Mahata Serpong.

Direktur Korporasi dan Pengembangan Bisnis Perumnas Galih Prahananto mengatakan, rusun ini akan menempel dengan Stasiun Rawa Buntu sehingga masyarakat dapat mudah menjangkau Commuter Line Jabodetabek. Hal ini agar dapat mengurai kemacetan setiap harinya.

"Tujuan utama terintegrasi adalah memberikan kesemptaan bagi masyarakat untuk tinggal di suatu tempat mempermudah dari dan ke tujuannya. Mengurangi mobil dan motor sehingga waktu lebih singkat," ujarnya saat sebelum peresmian pembangunan proyek di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Senin (10/12/2018).

 Baca Juga: HK Realtindo Rogoh Rp2,1 Triliun Bangun Rusun Nempel Stasiun

Mahata Serpong ini akan memiliki 3.622 unit hunian mulai dari rumah susun sederhana milik (rusunami) dan apartemen sederhana milik (anami). Adapun fasilitas yang diberikan sangat ramah untuk generasi milenial dilengkapi dengan tempat hangout yang cozy dan kekinian.

"60% dari pemesan yang ada adalah kalangan milenial," kata dia

Selain itu, demi mengurangi kemacetan akibat transportasi umum dan online yang parkir di jalan, maka pihaknya akan membuat tempat pick up dan drop out di dalam area rusun. Dengan demikian, diharapkan tidak ada lagi transportasi umum dan online yang sembarangan angkut dan turunkan penumpang.

"Transportasi umum seperti angkot dan taksi online ini jadi pemandangan keseharian, menimbulkan kemacetan. Oleh karenanya Kami menyediakan solusi agar bisa tertib angkutan di kawasan ini," ucapnya.

 Baca Juga: Ada Rusun Nempel 3 Stasiun di Tangerang Senilai Rp6 Triliun, Catat Lokasinya!

Proyek ini akan dibangun melalui beberapa tahap. Tahap pertama dibangun tiga tower dari total enam tower. Ketiga tower pada tahap pertama lni terdiri dari 1.816 unit dengan bauran 330 hunian subsidi dan 1.486 hunian nonsubsidi.

Tipe yang disediakan yaitu tipe Studio (Semi Gross 21.90 meter persegi), tipe 1 BR (Semi Gross 34.09 m persegi), tipe 2 BR (Semi Gross 35.98 m persegi) dan tipe 2 + BR (Semi Gross 60.47 m3).

Sayang Sekali, Habiskan Anggaran Rp8,9 M Rusunawa Ini Masih Belum Dipergunakan

Dia melanjutkan, pembangunan Mahata Serpong akan dilakukan mulai akhir tahun ini dan perkiraan selesai tahun 2020. Saat ini perizinan sudah rampung dan pembelian unit dapat dipesan di kantor marketing Perumnas yang salah satunya berada di Stasiun Rawa Buntu.

"Kami BUMN memberikan perhatian besar yang belum memiliki rumah utamanya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," kata dia.

 Baca Juga: Mengenal Konsep Properti TOD dan Manfaatnya

Oleh karenanya, pihaknya memberikan jatah sebanyak 30 persen dari total unit yang dijual untuk para MBR yang memperoleh subsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Bagi MBR, pihaknya menjual satu unit maksimal seharga Rp250 juta tanpa PPN sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Konsep hunian terintegrasi transportasi sudah ada sebelumnya di Stasiun Tanjung Barat Jakarta dan Stasiun Pondok Cina Depok. Dengan demikian proyek di Stasiun Rawa Buntu ini merupakan hunian terintegrasi ketiga yang dikembangkan.

"Melalui hunian menempel dengan Stasiun Rawa Buntu ini, maka akan banyak Iagi hunian terjangkau yang dapat diserap oleh masyarakat," tuturnya. (iNews.id) (dni)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini