nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tol Bocimi Gairahkan Bisnis Properti di Bogor

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 11:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 12 470 1990131 tol-bocimi-gairahkan-bisnis-properti-di-bogor-36lKCoQTnk.jpg Tol Ciawi-Cigombong (Foto: Giri/Okezone)

JAKARTA - Beroperasinya jalan tol Bogor- Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi I yang diresmikan langsung Presiden Joko Widodo pada 1 Desember 2018 lalu disambut gembira oleh para pelaku bisnis, khususnya pengembang properti di Bogor.

Salah satu proyek perumahan yang merespons positif pengoperasian jalan tol itu adalah Rancamaya Golf Estate. Tol Bocimi diyakini mampu mempercepat penaikan kapasitas ekonomi poros Bogor-Sukabumi, sekaligus mempersingkat waktu tempuh kendaraan dari Jabodetabek ke Sukabumi. Selama ini perjalanan dari Ciawi di Bogor, Jawa Barat, menuju Cigombong di Sukabumi biasanya ditempuh dalam waktu 1,5 jam jika melewati jalan nasional.

Baca Juga: Prediksi Pasar Properti di Tengah Pemilu 2019: Tantangannya Suku Bunga KPR

“Dengan adanya ruas tol ini, waktu tempuh 1,5 jam bisa terpangkas signifikan, menjadi 10 sampai 15 menit saja. Ruas jalan tol Bocimi seksi satu sepanjang 15,35 kilometer menyambungkan Ciawi hingga Cigombong,” kata Sugiyartanto, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Eftianto, Division Head Business Development PT Suryamas Dutamakmur Tbk, menilai keberadaan Tol Bocimi bisa mendongkrak nilai ekonomi dari proyek properti di Bogor. Menurut dia, poros Bogor-Sukabumi akan berkembang pesat dalam beberapa tahun ke depan seiring mulai beroperasi sebagian ruas tol Bogor-Sukabumi. Selain itu dimulainya pembangunan jalur ganda rel kereta api Bogor-Sukabumi.

“Kawasan Bogor-Sukabumi akan berubah total menjadi kawasan perekonomian baru dalam beberapa tahun mendatang. Tidak hanya jalan Tol Bocimi dan rel kereta ganda, bahkan bandara baru pun bakal dibangun oleh pemerintah di Sukabumi. Ini kabar baik bagi kami pengembang di Bogor,” ujarnya.

Baca Juga: Pertumbuhan Industri Properti 2019 Diprediksi Hanya 10%

PT Suryamas Dutamakmur Tbk sebagai pengembang Rancamaya Golf Esatate di Bogor, menurut dia, mulai melakukan penyesuaian desain pengembangan proyek dengan mempertimbangkan keberadaan Jalan Tol Bocimi, akses rel ganda, dan rencana pengembangan bandara baru untuk menopang infrastruktur di poros Bogor-Sukabumi tersebut. Kluster Amadeus menjadi high value karena berada di dalam distrik Kingsville yang memiliki akses langsung ke Bogor Inner Ring Road dan dekat juga dengan pintu Tol Bocimi. Proyek hunian terbaru di Rancamaya Golf Estate ini dibangun dengan tipe luas bangunan terkecil mulai 40 meter persegi dan lahan seluas 84 meter persegi.

Eftianto menuturkan, saat ini Rancamaya Golf Estate adalah kawasan residen t ial yang paling menikmati pembukaan Tol Bocimi karena hanya berjarak 200 meter dari pintu tol tersebut. “Setelah Bocimi seksi satu, kemacetan yang selama ini jadi momok, tibatiba hilang,” ujarnya. (fbn)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini