nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaat Penggunaan Gas Bumi Secara Menyeluruh

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 19:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 14 320 1991432 manfaat-penggunaan-gas-bumi-secara-menyeluruh-8FU4Mq3K6g.jpg Foto: Pipa Gas (Dok. PGN)

JAKARTA - Penggunaan energi gas bumi sudah dirasakan manfaatnya, mulai dari masyarakat, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga industri skala kecil dan besar.

Apalagi pemerintah begitu masif dalam pembangunan infrastruktur gas dengan menugaskan BUMN gas, salah satunya PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

Penugasan ini tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 267K/10/MEM/2018 dan Kepmen ESDM Nomor 268K/10/MEM tanggal 25 Januari 2018.

 Baca Juga: PGN-BUMN Karya 'Keroyokan' Bangun Jargas

PGN sendiri memiliki program PGN Integrated Solution. Tujuannya, untuk menumbuhkan perekonomian nasional. Solusi terintegrasi dalam pelayanan gas bumi bagi PGN merupakan wujud dari fokus pada penguatan bisnis inti.

Solusi terintegrasi dari PGN meliputi dari penyediaan energi gas bumi melalui berbagai pilihan moda gas pipa, Compressed Natural Gas (CNG) dan Liquified Natural Gas (LNG).

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, penggunaan gas bumi sebagai alternatif memberikan banyak manfaat dibandingkan bahan bakar konvensional, terutama Liqufied Petroleum Gas (LPG) bagi rumah tangga dan batu bara buat industri.

"Dengan fokus pada bisnis inti, kami perlahan mampu memperkuat rantai pasok hingga pelayanan teknis kepada konsumen," kata Rachmat di Jakarta.

 Baca Juga: Jadi Agregator, PGN Jual Gas dari 7 Sumur Baru

Manfaat lainnya adalah solusi pembangunan infrastruktur gas bumi, solusi penyediaan energi listrik bertenaga gas bumi, sistem dan sarana pendukung operasional, dan pemeliharaan infrastruktur gas bumi, jasa konstruksi rekayasa teknis.

"Kami juga menyediakan solusi informasi dan teknologi terpadu, serta solusi dan pengembangan infrastruktur pemanfaatan gas bumi lainnya," tutur Rachmat.

Salah satu industri yang merasakan dampak penggunaan gas bumi adalah perhotelan. Executive Asistant Manager Hotel Cambridge Medan Rico Siagian, manajemen mengalihkan pemanfaatan sumber energi. "Dari bahan bakar konvensional, kepada layanan gas PGN," ungkap Rico.

 Baca Juga: PGN Layani 30 Ribu Pelanggan di Sumut Tahun Depan

Sebagai hotel berkelas internasional yang dulu dikenal Swiss Bell Hotel Medan, Cambridge memanfaatkan layanan gas untuk melayani para tamu hotel. Terutama, tegas Rico, untuk londri dan memasak.

"Memasak adalah salah satu kegiatan utama dalam layanan hotel, begitupun londri bagi para tamu,"tambahnya.

Dengan pemanfaatan gas PGN untuk dua kegiatan tersebut, Hotel Cambridge mampu menghemat hingga 40% dari biaya yang biasanya dikeluarkan untuk penyediaan bahan bakar konvensional.

Sebagai catatan, pada tahun ini, PGN telah menyabet kontrak baru dari berbagai perusahaan yang bergerak di bidang industri berbeda. PGN juga memperluas layanan di kawasan industri meliputi Karawang, Jawa Barat.

Sementara itu, kemampuan PGN menyalurkan gas bumi juga akan semakin kuat jika menjalankan fungsi agregator gas di Indonesia.

Direktur Komersial PGN Danny Praditya mengungkapkan, dengan status PGN sebagai ujung tombak bisnis gas Pertamina, maka PGN memiliki portfolio yang komplit untuk menjalankan fungsi sebagai agregator gas.

Setidaknya ada 3 faktor yang bisa mendorong PGN mampu menjalankan mandat sebagai agregator gas. Diperkirakan akan ada 7 sumber gas baru yang bisa dipasarkan PGN.

Dengan adanya agregator gas maka percepatan pengembangan infrastruktur dan pasar-pasar baru akan menjadi lebih feasible karena keekonomiannya ditopang oleh infrastruktur eksisting.

"Selain itu keberadaan agregator gas dapat membuat harga jual gas di seluruh wilayah Indonesia lebih merata dan berkeadilan," tambah Danny.

Dengan kemampuan untuk menyediakan harga gas yang lebih efisien, penetapan PGN sebagai agregator gas akan menguntungkan para pelanggan gas perusahaan. Baik yang berskala besar seperti PT PLN (Persero), industri pupuk, industri logam baik yang berstatus BUMN maupun swasta.

"Keuntungan harga gas yang lebih terjangkau dan berkeadilan juga akan dirasakan pelanggan UKM dan rumah tangga," pungkasnya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini