nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliarder Terkaya RI hingga Bos Amazon yang Super Kaya

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 09:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 16 320 1992012 miliarder-terkaya-ri-hingga-bos-amazon-yang-super-kaya-ta8weM89jK.jpg Ilustrasi Orang Kaya (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kondisi ekonomi Indonesia memang terlihat pasang surut pada 2018 ini. Walau begitu, tampaknya kondisi perekonomian terkini tersebut menguntungkan pada miliarder Indonesia.

Sementara itu, Tes Calon (CPNS) 2018 memasuki tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sulitnya soal SKB pun membuat salah seorang peserta terlelap tidur.

Di sisi lain, Pendiri Amazon, Jeff Bezos, kian melimpah ruah seiring terus berkibarnya perusahaan jual-beli daring raksasa internasional tersebut.

Ketiga berita tersebut merupakan berita-berita populer selama akhir pekan kemarin di kanal OkezoneFinance. Berikut berita selengkapnya:

Daftar Orang Terkaya Indonesia, Siapa Miliarder yang Tambah Kaya di 2018?

Kondisi ekonomi Indonesia memang terlihat pasang surut pada 2018 ini. Walau begitu, tampaknya kondisi perekonomian terkini tersebut menguntungkan pada miliarder Indonesia.

Buktinya, enam dari 10 Indonesia berhasil meningkatkan kekayaannya. Demikian dilansir dari Forbes, Kamis (13/12/2018).

Baca Juga: Kenaikan Kekayaan 50 Orang Terkaya RI Terjadi di Tengah Tekanan Rupiah

Selain itu, ada Susilo Wonodidjojo yang naik satu peringkat ke posisi dua. Kekayaannya naik berkat kenaikan harga saham perusahaannya, PT Gudang Garam Tbk (GGRM).

Saham GGM sendiri tercatat berada di harga Rp82.000 pada 30 November. Sementara pada 29 Desember 2017 tercatat Rp83.800.

Selisih kekayaan antara peringkat 1 dan 2 dalam daftar orang terkaya Indonesia tersebut mencapai 280%, merupakan selisih tertinggi dalam daftar Forbes di negara lain.

Baca Juga: Bos Djarum Jadi Orang Terkaya Indonesia, Kekayaannya Meroket Rp401 Triliun dalam 10 Tahun

Sri Prakash Lohia juga naik ke posisi empat pada tahun ini. Kekayaannya naik berkat kenaikan harga saham perusahaannya Indorama Ventures yang tercatat di bursa saham Thailand.

Terciduk! Pelamar CPNS Tertidur saat Tes SKB hingga Nilai Sempurna 500

Tes Calon (CPNS) 2018 memasuki tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sulitnya soal SKB pun membuat salah seorang peserta terlelap tidur.

Soal SKB memang sering dianggap sulit oleh CPNS, seperti yang dirasakan para pelamar CPNS di titik lokasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Rasanya, soal-soal SKB bisa jadi tidak sulit, bahkan seperti bacaan dongeng.

“Salah satu peserta langsung tertidur pasca mengerjakan SKB,” tulis BKN seperti dikutip twitter @BKNgoid, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Kejadian menarik tes SKB tak berhenti di peserta yang tertidur. Sebab ada Ayu Jenytia Nadly yang menjadi pelamar dengan nilai sempurna (500) dalam SKB CPNS 2018 sesi ke-9 Pemkab Tanggamus. Wanita dengan nilai sempurna ini diketahui memilih formasi Bidan Terampil.

Jeff Bezos Butuh Seperlima Detik untuk Dapatkan Gaji seperti Warga Jakarta

Pendiri Amazon, Jeff Bezos, kian melimpah ruah seiring terus berkibarnya perusahaan jual-beli daring raksasa internasional tersebut.

Begitu kayanya, Bezos bahkan hanya memerlukan waktu 28 detik untuk memiliki pendapatan lebih besar dari rata-rata penghasilan warga Inggris dalam setahun. Data ABC Finance mengungkapkan, jika dibandingkan dengan warga Amerika Serikat (AS), Bezos hanya perlu waktu sekitar 35 detik untuk mendapat gaji rata-rata penduduk negeri ini sebesar USD44.000. Hanya dengan waktu 12 detik, Bezos terhitung mampu mendapat gaji setahun rata-rata pekerja Australia sebesar USD82.435.

Bos Facebook Mark Zuckerberg hanya butuh satu menit untuk membawa pulang gaji rata-rata setahun warga Inggris sebesar 28.600 poundsterling. Zuckerberg hanya butuh waktu semenit untuk mendapat gaji setahun warga AS. Zuckerberg hanya perlu waktu 32 detik untuk mendapat gaji setahun rata-rata pekerja Australia. Dia memiliki pendapatan USD155.975 per menit.

Baca Juga: Total Harta 50 Miliarder RI Masih Kalah dari Kekayaan Bos Amazon

Pendiri Microsoft Bill Gates hanya membutuhkan waktu lima menit untuk mendapat gaji setahun rata-rata warga AS. Adapun CEO Domino’s Pizzas Don Meij menjadi bos perusahaan dengan bayaran tertinggi di Australia pada 2017/2018 dengan pendapatan USD36,8 juta per tahun. Dia hanya membutuhkan waktu empat jam 39 menit untuk memiliki pendapatan setahun pekerja Australia. Saat ini Meij mampu mengumpulkan USD141.683 per hari atau USD295 per menit.

Adapun pemilik Bet365 Denise Coates hanya perlu waktu 20 menit untuk mendapat gaji setahun warga Inggris. Inventor asal Inggris James Dyson yang memiliki kekayaan 8,5 miliar poundsterling memiliki pendapatan 77 poundsterling per detik dan memiliki rata-rata gaji setahun warga Inggris hanya dalam waktu kurang dari enam menit.

Baca Juga: Daftar 50 Orang Terkaya Indonesia, Menko Darmin: Kita Urusi yang Kecil agar Naik

Fakta tersebut menunjukkan semakin besarnya kesenjangan antara orang terkaya di dunia dan para kelas pekerja. Data yang diungkap ABC Finance juga menunjukkan pendapatan seseorang di bandingkan para miliarder di Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Saat ini ada 2.000 miliarder di penjuru dunia dengan total kekayaan hampir 7 triliun poundsterling. Jeff Bezos di peringkat puncak dengan pendapatan per pekan sebesar USD785.000.

Mark Zuckerberg hanya butuh semenit untuk memiliki pendapatan USD36.000. Adapun Bill Gates hanya perlu empat menit untuk memiliki uang sebesar itu. Saat ini ada 54 miliarder asal Inggris dengan total kekayaan mencapai lebih dari USD156 miliar.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini