nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Jonan Apresiasi Penanganan Cepat Dampak Gempa & Tsunami Sulteng

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 12:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 17 320 1992309 menteri-jonan-apresiasi-penangangan-cepat-dampak-gempa-tsunami-sulteng-lL4qojSDbM.jpg Foto: Taufik Okezone

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hari ini memberikan penghargaan kepada perusahaan dan emergency response team (ERT) yang telah berkontribusi dalam pemulihan pasca terjadinya gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah.

Pada acara tersebut hadir, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Kepala Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei dan jajaran pejabat dilingkungan Kementerian ESDM.

 Baca Juga: Presiden Jokowi: Kok Uang untuk Rumah Roboh akibat Gempa Lombok Belum Cair?

Dalam sambutannya, Jonan mengatakan bahwa pemerintah sangat berterimakasih kepada perusahan-perusahan atas sumbangsihnya yang telah membantu saudara-saudara korban bencana di Sulteng.

"Saya berterimakasih kepada semuanya yang telah berkontribusi pemulihan gempa bumi di Sulteng dalam berbagai bentuk, seperti alat berat penanganan dan lain sebagainya. Dan terima kasih kepada PLN dan Pertamina yang sudah bisa memulihkan pelayanan dalam sangat singkat di Sulteng tersebut," ujarnya di Gedung Kementerian ESDM, Senin (17/12/2018).

 Baca Juga: Pasca-Gempa dan Tsunami, Rekonstruksi Kota Palu Dimulai Januari 2019

Sementara itu, Kepala BNPB Willem Rampangilei mengatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada Kementerian ESDM, karena telah berkolaborasi dengan BNPB dalam memberikan perlindungan dari ancaman bencana khususnya di Sulteng.

"Kami (BNPB), ucapkan terima kasih dan penghargaan sangat tinggi kepada ESDM karena kontribusi nyata ikut membantu pemulihan pasca gempa bumi di Sulteng," tuturnya.

 Baca Juga: Proyek Infrastruktur Harus Perhatikan Lokasi Jalur Sesar Aktif, Guncangan hingga Likuifaksi

Sedangkan, Ketua Tim ESDM Siaga Bencana Satry Nugraha menyatakan bahwa, tim ESDM Siaga Bencana ini merupakan gabungan ERT yang berasal dari 65 perusahaan yang dikoordinasikan oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.

"Sebanyak 65 tim diturunkan, 45 unit alat berat diterjunkan terdiri dari excavator, dozer, low boy, rock breaker, dump truck, crane, tower lamp, fuel truck, dan water. Tim ERT yang hadir dengan total sejumlah 855 orang, terdiri dari rescue, operator, support, dokter, perawat, bidan, apoteker, dan psikolog," ungkapnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini