nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petakan Lokasi Rawan Bencana, Pemda Diminta Konsultasi dengan Badan Geologi

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 13:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 17 320 1992323 petakan-lokasi-rawan-bencana-pemda-diminta-konsultasi-dengan-badan-geologi-Rd9ml7fBCU.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan bahwa, setiap pemerintah daerah, kabupaten atau kota yang menerbitkan Zonasi Tata Ruang dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk dapat berkonsultasi dengan Badan Geologi terlebih dahulu.

"Karena untuk memetakan mana lokasi yang layak dihuni dan mana yang tidak layak. Artinya tidak layak huni itu, daerah tempat tinggalnya rawan bencana," ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (17/12/2018).

 Baca Juga: Menteri Jonan Apresiasi Penanganan Cepat Dampak Gempa & Tsunami Sulteng

Dia menjelaskan bahwa Indonesia ini memiliki potensi kebencanaan yang tinggi. Di mana Badan Geologi telah melakukan penelitian di area likuifaksi, seperti, pada bencana Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Apabila BNPB di daerah-daerah ada waktu luang, kami (Badan Geologi), siap melayani atau membantu untuk mensosialisasikan penanganan bencana kepada masyarakat," tuturnya.

 Baca Juga: KESDM Beberkan Hasil Kegiatan Siaga Bencana di Sulteng

Dia juga, menginginkan semua pihak terkait, seperti pemerintah, masyarakat dan dunia usaha bisa melestarikan lingkungan, agar tidak ada lagi penggundulan hutan atau bukit.

"Penggundulan hutan akan berpotensi bencana makin tinggi seperti longsor dan gempa bumi yang belakangan ini terjadi di Indonesia," ungkapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini