nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perusahaan Jepang Minat Investasi Kembangkan Kopi Toraja

Selasa 18 Desember 2018 16:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 18 320 1992948 perusahaan-jepang-minat-investasi-kembangkan-kopi-toraja-dWdwAodxZQ.jpg Kopi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Makin meningkatnya penikmat kopi hingga menjadi bagian dari gaya hidup Masyarakat dunia, membuat biji tumbuhan yang satu ini subur dan semakin dikenal masyarakat luas. Indonesia sebagai penghasil Kopi terbaik pun bakal ikut andil dalam menjajaki lahan-lahan potensial.

Salah satu penghasil kopi yang kini sedang dikembangkan Kementerian Pertanian (Kementan) adalah Kopi asal Toraja, Sulawesi Selatan. Pengembangan dilakukan karena kopi toraja menjadi salah satu komoditas andalan yang berhasil menembus pasar internasional, Jepang.

Baca Juga: Mendag Pastikan Produk Olahan Kopi Indonesia ke Filipina Tidak Terhambat Lagi

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Syukur Iwantoro menjelaskan, kopi toraja berhasil dipasarkan melalui perusahaan jasa dan perdagangan kopi Jepang bernama Key Coffee Inc. Untuk itu, pihaknya akan memfasilitasi rencana pengembangan dan perluasan lahan dalam waktu dekat.

"Saat ini luas perkebunan kopi nasional mencapai 1,2 juta hektar dan bertambah rata-rata 5% setiap tahun karena tingginya permintaan pasar. Maka itu kami akan lakukan pengembangan," kata Syukur, Senin (17/12).

Baca Juga: Indonesia Salah Satu Eksportir Kopi Terbesar di Dunia, Ini Buktinya

Syukur mengatakan, berdasarkan catatan Kementerian Pertanian, Kopi Toraja menjadi top brand dengan penjualan yang terus meningkat. Saat ini, Key Coffe berhasil memasarkan kopi toraja sebanyak 500 ton dari total pemasaran 40.000 ton.

"Bahkan, perusahaan jasa specialty kopi ini berencana meningkatkan pembelian komoditas Kopi Toraja. Rencananya, perusahaan tersebut akan melakukan kemitraan dan pengembangan lahan Kopi Toraja di Tanah Air," katanya.(Sudarsono-Sindonews)

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini