nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Industri Ini Memiliki Nilai Jual Tinggi di 2019

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 15:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 19 320 1993451 2-industri-ini-memiliki-nilai-jual-tinggi-di-2019-6TY07Bhw6l.jpeg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Industri sektor jasa diprediksi memiliki nilai jual yang cukup tinggi di 2019. Oleh karena itu, para pengusaha harus bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri pada acara seminar persaingan usaha dan pemilihan presiden 2019.

Baca Juga: Menperin Pacu IKM Tenun Jadi Sektor Unggulan

"Jadi, sejauh ini sektor jasa memiliki sumbangan yang cukup besar terhadap ekonomi Indonesia," ujarnya di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Dia menjelaskan, pemerintah saat ini telah menerbitkan berbagai kebijakan agar industri jasa lebih bergeliat. Pasalnya, sumbangan jasa ke ekonomi makin lama makin besar.

"Kita lihat perdagangan itu cenderung ke barang, padahal banyak jasa yang relevan baik policy ataupun praktik," tuturnya.

Baca Juga: Menperin: Industri Hijau Ciptakan Penghematan Rp1,8 Triliun

Dia menuturkan bahwa industri yang siap menghadapi tantangan besar 2019 yaitu industri makanan dan minuman. Karena, industri ini banyak menghadapi persaingan dengan munculnya berbagai variasi makanan minuman impor.

"Makanan minuman kita makin tergerus penetrasi makanan impor dari Thailand, Singapura, Malaysia, Korea. Padahal bahan baku kita lebih bagus," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini