nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Prediksi Tol Jakarta-Cikampek Tak Macet saat Libur Natal dan Tahun Baru

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2018 22:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 21 320 1994612 menhub-prediksi-tol-jakarta-cikampek-tak-macet-saat-libur-natal-dan-tahun-baru-n7GxhNMkaA.jpg Foto: Yohana Okezone

BEKASI - Kementerian Perhubungan bersama Kepolisian dan badan usaha tol terus mengupayakan kelancaran arus mudik di masa libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019. Salah satunya di jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, Tol Jakarta-Cikampek dimungkinkan tidak mengalami kemacetan yang berarti. Sebab proyek Jakarta-Bandung dan light rail transit (LRT) telah dihentikan sementara di ruas tol tersebut.

"Dengan tidak ada pekerjaan proyek di Tol Jakarta-Cikampek kita perkirakan tidak ada suatu kemacetan," ujar dalam konferensi pers di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jumat (21/12/2018).

 Baca Juga: Dilarang Ngebut, Menhub Bakal Tilang Kendaraan dengan Kecepatan Lebih 100 Km/Jam

Di sisi lain, terhubungnya Tol Jakarta-Surabaya juga semakin mengurai kemacetan, sehingga, menurut Budi Karya, persoalan yang perlu dibereskan bukan lagi soal kemacetan melainkan soal keselamatan. Sebab, para pengendara sering kali mengemudi dengan kecepatan tinggi.

"Kalau tadinya kemacetan, sekarang kita harus mengutamakan keselamatan. Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar mengemudi kendaraan dengan mengatur kecepatan maksimal di 100 km/jam. Ini jadi suatu hal yang penting bagi keselamatan," paparnya.

Adapun berdasarkan pantauan Okezone, pintu tol Cikarang Utama I terpantau ramai lancar sejak pukul 15.00 WIB hingga 20.00 WIB. Tak hanya kendaraan pribadi namun juga truk-truk nampak melintas. Memang terdapat truk barang dengan muatan yang bersifat krusial seperti bahan makanan, hewan dan BBM yang tetap diperbolehkan melintas di jalur tol.

 Baca Juga: Proyek di Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan hingga 2 Januari 2019

Budi Karya memperkirakan, puncak arus mudik akan dimulai pada esok hari, Sabtu (22/12/2018). Sebab pada hari ini, masyarakat masih beraktivitas dengan pekerjaannya.

"Memang kita memperkirakan, puncaknya itu besok karena sekarang masih pada bekerja, jadi masih pada pulang ke rumah, istirahat dan sebagainya," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini