nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Libur Natal, Menhub Ingatkan Kecepatan Kendaraan Jangan Lebih 100 Km/Jam

Ade Rachma Unzilla , Jurnalis · Sabtu 22 Desember 2018 11:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 22 320 1994729 libur-natal-menhub-ingatkan-kecepatan-kendaraan-jangan-lebih-100-km-jam-aCBfuv5NKU.jpg Foto: Menhub Budi Karya (Ade/Okezone)

JAKARTA - Memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2019, Menteri Perhubungan Budi Karya mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati selama mengendarai kendaraan dan mengutamakan keselamatan. Adapun batas normal kecepatan yang diperbolehkan adalah 100 kilometer (km) per jam.

"Untuk itu saya sampaikan kepada mereka untuk kecepatan jangan lebih dari 100 km per jam," tegasnya saat ditemui usai melepas mudik gratis Natal dan Tahun Baru 2019 yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan dan PT Jasa Raharja (Persero) di Jakarta, Sabtu (22/12/2018).

 Baca Juga: Dilarang Ngebut, Menhub Bakal Tilang Kendaraan dengan Kecepatan Lebih 100 Km/Jam

Selain masalah kecepatan, Budi juga memohon kepada seluruh pengendara untuk memastikan kendaraannya dalam keadaan baik dan layak pakai. Seluruh pengendaraan pun diminta untuk memiliki ramp check, jika tidak ada maka dilarang untuk beroperasi.

"Maka saya tegaskan kendaraan yang tidak memiliki ramp check untuk tidak beroperasi. Apabila beroperasi, maka kami meminta tolong kepada Kepolisian dan Dishub untuk memberhentikannya," ujarnya.

 Baca Juga: Menhub Prediksi Tol Jakarta-Cikampek Tak Macet saat Libur Natal dan Tahun Baru

Terkait hal itu, Budi juga mengimbau kepada pemudik yang menggunakan bus wisata untuk memastikan bus yang dipilih memiliki ramp check. Dan untuk operator bus, Budi ingatkan untuk tidak memakai sopir tembak.

"Jangan pakai sopir tembak, karena kalau sudah kejadian, tinggal nyeselnya saja," pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini