Share

Muara Angke dan Cilincing Dijadikan Kampung Udang Vaname

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 26 Desember 2018 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 26 320 1996065 muara-angke-dan-cilincing-dijadikan-kampung-udang-vaname-Mrg1a0oTdZ.jpg Foto: Budidaya Udang Vaname (Taufik/Okezone)

JAKARTA - Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah meluncurkan teknologi microbubble untuk budidaya udang vaname ultra-intensif.

Kepala BRSDMKP Sjarief Widjaja mengatakan teknologi microbubble ini, nantinya akan diterapkan di daerah pesisir pantai Utara Jakarta yaitu Cilincing dan Muara Angke. Sebagai alternatif mata pencaharian bagi nelayan di daerah tersebut.

"Kita akan tetapkan Muara Angke dan Cilincing menjadi kampung udang vaname di Jakarta dengan menggunakan teknologi microbubble," ujarnya di Gedung BRSDMKP, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (26/12/2018).

 Baca Juga: Kini Ada Teknologi Microbubble Budidaya Udang Vaname, Ini Kelebihannya

Dia menjelaskan, Muara Angke dan Cilincing ini paling banyak terdampak ekosistem di pesisir pantainya, seperti banyak sampah plastik di mana-mana dan lainnya. Dengan adanya hal itu, para nelayan banyak yang hilang mata pencahariannya.

"Maka itu, kami akan menjadikan kampung udang vaname di daerah tersebut. Dan kita akan langsung berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," tuturnya.

 Baca Juga: Panen Budi Daya Udang, Menteri Susi Ingin Alam Tetap Terjaga

Dia menuturkan, kampung udang vaname di Muara Angke dan Cilincing akan dilaunching pada Januari 2019. Di mana nantinya BRSDMKP akan memilih titik-titik tempatkan untuk standar benih, pakan, karena skala ini masih uji coba.

"Pesisir Utara Jakarta yang dipilih, karena ekosistem perairan sudah berat dan nelayan jauh ke laut untuk memperoleh pendapatan ini tidak baik untuk kesehatan," pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini