nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Sidak Bandara dan Stasiun di Bandung

Kamis 27 Desember 2018 13:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 27 320 1996584 menhub-sidak-bandara-dan-stasiun-di-bandung-9PlG4qAG5e.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Okezone

BANDUNG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke bandara dan stasiun kereta api di Bandung, Jawa Barat, dan menilai pesawat terbang dan kereta api sangat layak beroperasi sehingga aman digunakan selama liburan akhir tahun.

"Saya lakukan sidak dan hasilnya memuaskan. Semua tim sudah bekerja dengan baik dan optimal, penumpang pun puas dengan layanan angkutan," kata Menhub Budi Karya dilansir dari Antara News, Kamis (27/12/2018).

Hal tersebut disampaikan usai meninjau Bandara Husein Sastranegara dan Stasiun Bandung untuk melihat langsung kondisi pesawat dan kereta api secara acak.

Baca Juga: AP II Butuh Rp500 Miliar Kembangkan Bandara Lampung dan Bengkulu

Hadir dalam sidak itu Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dan Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia (Korlantas Polri) Irjen Pol Refdi Andri.

Dikatakan Menhub, dirinya tadi memeriksa roda dan rem depan pesawat Lion dan dari hasil pemantauan dan laporan teknisi, kondisinya baik dan laik terbang.

Demikian juga saat meninjau Stasiun Bandung, Budi Karya katakan kereta api selalu dalam kondisi diperiksa secara teknis dan rutin sehingga aman digunakan.

Budi Karya

 

"Saya juga minta selain kereta yang diperiksa, juga kondisi rel harus dipantau di saat situasi hujan seperti ini," kata Menhub.

Semula Menhub dan rombongan akan melakukan uji kelaikan bus pariwisata ke Ciater, Subang, tapi karena kondisi cuaca tidak memungkinkan maka helikopter diarahkan mendarat di Bandung.

Menhub mengatakan ternyata pendaratan di Bandung ada hikmahnya karena dapat lihat langsung kesiapan petugas.

Baca Juga: Radin Inten Jadi Bandara Internasional

"Tadi saya temukan petugas di bandara komplit untuk penanganan sebuah pesawat siap terbang. Artinya, semua sudah bisa berjalan sesuai prosedur kelaikan," ujarnya.

Demikian juga di stasiun, saat berbincang dengan sejumlah penumpang, umumnya puas dengan kemudahan membeli tiket walaupun seringkali kehabisan terutama saat musim libur.

"Kami upayakan bisa menekan kecelakaan agar tidak lagi menimbulkan korban akibat kendaraan tak laik beroperasi," kata Menhub.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini