nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lulus Seleksi Akhir CPNS BKN? Cek Berkas yang Harus Disiapkan

Rikhza Hasan, Jurnalis · Sabtu 29 Desember 2018 15:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 29 320 1997524 lulus-seleksi-akhir-cpns-bkn-cek-berkas-yang-harus-disiapkan-yXu4EiAkCl.jpg Ilutsrasi: PNS (Foto: Setkab)

JAKARTA - Beberapa instansi telah mengumumkan hasil tes akhir Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Hasil tes akhir tersebut merupakan hasil akumulasi dari beberapa tes, seperti Seleksi Kompetensi dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diselenggarakan oleh instansi yang terkait.

Nah, bagi Anda yang sudah menunggu hasil akhir CPNS, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis hasilnya. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS BKN 2018 wajib hadir pada saat pemberkasan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Ada beberapa berkas yang harus dilengkapi pada saat pemberkasan, melansir dari situs resmi bkn.go.id, Jakarta, Sabtu (29/12/2018).

Baca Juga: CPNS Bawaslu yang Lolos Diwajibkan Input Data Paling Lambat 4 Januari

1. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri oleh pelamar di atas meterai Rp6.000dengan mencantumkan nama jabatan, jenis formasi dan lokasi penempatan ditujukan kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara.

2. Ijazah Asli, salinan ijazah sah dan transkrip nilai dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (Kepka BKN Nomor 11 tahun 2002) rangkap 2 (dua) sesuai formasi jabatan yang dilamar. Bagi pelamar lulusan dari perguruan tinggi luar negeri, menyertakan surat penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

3. Salinan KTP, Kartu Keluarga, ijazah SD, SMP dan SMA rangkap 2 (dua)

4. Pas foto berwarna ukuran 3x4 cm latar belakang warna merah sebanyak 8 (delapan) lembar serta menuliskan nama yang bersangkutan di balik pas foto tersebut

5. Asli dan salinan legalisir Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku sebanyak 2 lembar

6. Asli dan salinan legalisir Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah yang masih berlaku sebanyak 2 lembar

CPNS

7. Asli dan salinan legalisir Kartu Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja yang masih berlaku sebanyak 2 lembar

8. Asli dan salinan legalisir Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Hasil Tes dari Rumah Sakit Pemerintah sebanyak 2 lembar

9. Asli dan salinan sertifikat TOEFL/Preparation TOEFL yang digunakan pada saat pendaftaran CPNS melalui SSCN sebanyak 2 lembar

10. Meterai Rp.6000 sebanyak 5 (lima) lembar

11. Surat pernyataan Badan Kepegawaian Negara

12. Asli dan salinan surat keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitas (khusus untuk pelamar dengan jenis formasi disabilitas)

13. Asli dan salinan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menerangkan bahwa pelamar merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan keturunan orang tua (bapak/ibu) asli Papua (khusus untuk pelamar dengan jenis Putra/Putri Papua dan Papua Barat)

Baca Juga: Kemenkeu Umumkan Hasil Akhir Tes CPNS 2018, Cek Persyaratan Pemberkasannya

Berkas kelengkapan lamaran tersebut dimasukan dalam stopmap warna merah bagi kualififkasi pendidikan S-2 dan stopmap warna biru bagi kualifikasi pendidikan S-1 dengan mencantumkan nama pelamar, nama jabatan yang dilamar, jenis formasi , dan lokasi penempatan.

Pemberkasan akan dilakukan pada 31 Desember 2018 dan 3 Januari 2019. Lokasi Pemberkasan CPNS BKN Tahun 2018 adalah lokasi ujian yang telah dipilih pada saat mendaftar melalui SSCN. Untuk keterangn lokasi, dapat diakses lebih lanjut melalui web resmi BKN.go.id.

Pada saat pemberkasan, peserta yang dinyatakan lulus Seleksi CPNS BKN Tahun 2018 mengenakan kemeja atas berwarna putih polos dan celana panjang/rok berwarna hitam (tidak diperkenankan memakai kaos, celana berbahan jeans dan sandal). Bagi perempuan yang memakai jilbab, diwajibkan memakai jilbab berwarna hitam.

“Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” dikutip dari laman resmi BKN, Jakarta, Sabtu (29/12/2018).

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini