nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Said Didu Dicopot dari Komisaris PTBA, Begini Penjelasan Menteri Rini

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 13:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 31 320 1998114 said-didu-dicopot-dari-komisaris-ptba-begini-penjelasan-menteri-rini-qQBwgeH6iU.jpeg Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto: Giri/Okezone)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno buka suara terkait alasannya mencopot Said Didu sebagai Komisaris PT Bukit Asam (Persero) Tbk. Rini mengakui jika Said Didu tidak sejalan dengan para pemegang saham.

"Kan gini kami sudah katakan dengan Pak Said Didu jadi begini supaya semua sadar bahwa Dewan Komisaris itu mewakili pemegang saham. Oleh karena itu pemikiranya harus sejalan dengan pemegang saham," ujarnya saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (31/12/2018).

Baca Juga: Said Didu Dicopot dari Komisaris PTBA

Menurut Rini sering kali Said Didu selalu mengeluarkan statment yang notabene bukan pendapatan dari para pemegang saham. Padahal seharusnya lanjut Rini, sebagai seorang yang menjabat Komisaris, suaranya harus mewakili para pemegang saham.

"Jadi banyak dalam bicara dalam langkah pak said didu ga mewakili pemegang saham," ucapnya.

Selain itu lanjut Rini, dengan komentar-komentarnya sering kali perusahaan terkadang merasa dirugikan. Hal tersebut tidak sesuai dengan fungsi dari Dewan Komisaris yang bertujuan untuk memajukan perusahaan.

bumn

"Tujuannya apa ya perusahaan harus semakin baik juga cara kita dengan masyarakat gimana. Pemikiran tentang perusahaan sepreti apa, komunikasi ke publik seperti apa. Simpel saja," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bagaimana fungsi dari Komisaris yang benar. Bagaimana seorang Dewan Komisaris harus bisa mengawasi para jajaran Direksi untuk bekerja lebih benar.

"Padahal komisaris itu fungsinya menjaga mengawasi direksi untuk menjalankan kepentingan-kepentingan saham. Ya kan," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini