Lulus Seleksi CPNS Jawa Tengah? Siapkan Berkas yang Dibutuhkan

Rikhza Hasan, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 31 320 1998156 lulus-seleksi-cpns-jawa-tengah-siapkan-berkas-yang-dibutuhkan-4JBLL9MqgV.jpg Ilutsrasi: PNS (Foto: Setkab)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah merilis hasil akhir Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) 2018. Peserta yang dinyatakan lulus CPNS, wajib melakukan pemberkasan.

Berikut syarat-syarat pemberkasan yang harus dipenuhi, dilansir dari laman bkd.jatengprov.go.id, Jakarta, Senin (31/12/2018).

1. Surat lamaran untuk pengangkatan CPNS kepada Gubernur Jawa Tengah, (asli tulis tangan sendiri, bermaterai Rp 6.000) rangkap 2 (dua) lembar.

2. Surat pernyataan bersedia tidak mengajukan permohonan pindah sebelum memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018 terhitung sejak pengangkatan CPNS, bermaterai Rp. 6.000,- rangkap 2 (dua) lembar.

Baca Juga: Lulus Seleksi Akhir CPNS BKN? Cek Berkas yang Harus Disiapkan

3. Pas photo warna (berlatar belakang warna merah) pakaian/kemeja lengan panjang warna putih berdasi panjang warna hitam, bagi peserta berjilbab wajib mengenakan jilbab warna putih terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 lembar (ditempel pada lembar formulir photo)

4. Fotocopy Ijazah dan transkip nilai yang dipersyaratkan sebagaimana formasi dan disahkan oleh pejabat yang berwenang rangkap 2 (dua) lembar. (tanda tangan harus asli bukan stempel atau scan dan di stempel asli bukan scan).

5. Bagi pelamar formasi tenaga pendidikan yang telah memiliki Sertifikasi Pendidik sebagaimana terlampir pada seleksi administrasi melampirkan Foto Copy Sertifikasi pendidik yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (tanda tangan harus asli bukan stempel atau scan dan di stempel asli bukan scan).

pns

6. Khusus Formasi Tenaga Kesehatan melampirkan Foto Copy STR/SIP/SIB yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (tanda tangan harus asli bukan stempel atau scan dan di stempel asli bukan scan).

7. Daftar riwayat hidup, sebagaimana contoh anak lampiran 3 Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Negeri Sipil rangkap 2 (dua) bendel sesuai contoh pada Lampiran V (formulir DRH diisi dan di unduh melalui laman https://ssc.bkn.go.id kemudian ditandatangani dengan dibubuhi materai Rp. 6.000,-).

8. Surat pernyataan, sebagaimana contoh anak lampiran 4 Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Negeri Sipil rangkap 2 (dua) bendel, bermaterai Rp. 6.000,- rangkap 2 (dua) lembar.

9. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres setempat untuk keperluan syarat pengangkatan CPNS dan foto copy legalisir 1 lembar (tanda tangan harus asli bukan stempel atau scan dan distempel asli bukan scan).

10. Asli Surat keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah oleh dokter Pemerintah (PNS) yang menyatakan sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna untuk keperluan syarat pengangkatan CPNS dan foto copy legalisir 1 lembar (Wajib menyertakan nomor surat, nama dan NIP Dokter Pemeriksa serta keterangan dan tanggal surat) (tanda tangan harus asli bukan stempel atau scan dan di stempel asli bukan scan).

11. Surat Keterangan tidak mengkonsumsi/ menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah dengan keterangan sebagai syarat pengangkatan CPNS dan foto copy legalisir 1 lembar (Wajib menyertakan nomor surat, nama dan NIP Dokter Pemeriksa serta keterangan dan tanggal surat) (tanda tangan harus asli bukan stempel atau scan dan di stempel asli bukan scan).

Baca Juga: CPNS KKP yang Lulus Wajib Penuhi Pemberkasan, Ini Daftarnya

Beberapa surat terdapat contoh yang tertera di laman resmi BKD Provinsi Jawa Tengah. Masing-masing berkas asli disusun berdasarkan urutan tersebut di atas dimasukkan dalam stop map plastik Spring File F4 lubang warna kuning untuk pelamar guru, warna merah untuk pelamar tenaga kesehatan dan dan Warna Biru untuk pelamar tenaga Teknis.

Meski jadwal pemberkasan akan diumumkan lebih lanjut melalui laman bkd.jatengprov.go.id dan media sosial BKD Provinsi Jawa Tengah, peserta diharapkan hadir tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan dengan membawa Kartu Tes dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta mengenakan pakaian bebas dan rapi (asatan kemeja berkerah, bawahan menyesuaikan, dan bersepatu).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini