Tips Jitu untuk si Boros Atur Uang di 2019

Rany Fauziah, Jurnalis · Rabu 02 Januari 2019 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 01 320 1998626 tips-jitu-untuk-si-boros-atur-uang-di-2019-ZXXqIfqXrG.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Sudah memasuki tahun 2019, apakah Anda sudah mulai menyusun resolusi Tahun Baru? Resolusi tahun baru penting dimiliki. Hal tersebut, minimal supaya memiliki bekal bayangan akan seperti apa tahun 2019 yang dijalankan dan tahu solusi untuk si pemboros.

Resolusi tahun baru yang juga penting adalah resolusi keuangan. Sama saja dengan resolusi tahun baru pada umumnya, memiliki resolusi keuangan bisa membantu Anda supaya perjalanan keuangan di masa mendatang tetap terarah. Meski begitu, ada beberapa cara yang sebaiknya digunakan agar resolusi yang telah Anda targetkan itu bisa menjadi sebuah kenyataan bukan hanya sekadar bayangan saja.

Perencanaan Keuangan Ahmad Gozali memberikan tips bagi sebagian masyarakat pemboros, yakni harus tahu penyebab bahwa Anda boros.

“Buat para pemboros yang mau insyaf tahun 2019, langkah pertama adalah mengakui dulu bahwa dia boros,” ungkap Gozali kepada Okezone, Jakarta, Rabu (2/1/2019).

 Baca Juga: Resolusi Keuangan 2019 Bukan Hanya Diwacanakan!

Kemudian bila sudah menyadari bahwa Anda boros, solusinya adalah membeli kebutuhan sesuai anggaran dan belajar menahan hawa nafsu belanja.

“Jadi, misalnya saat ini Anda tidak merasa boros saat membeli baju, dianggap wajar karena sudah menjadi kebutuhan sebagai front liner yang harus selalu tampil maksimal di hadapan masyarakat lainnya. Apapun bisa menjadi alasan, dan selama masih ketemu alasan, dan tidak bisa keluar dari masalah,” jelasnya..

Berikut tips sederhana lainnya yang bisa Anda masukkan dalam daftar resolusi tahun baru bagi si boros:

 

1. Kontrol (Control)

Artinya semua uang keluar ada dalam kontrol Anda sendiri. Bisa naik atau turun sesuai dengan keinginan masing-masing. Bukan terpaksa. Jika dipandang borosnya keluaran yang terjadi pada segi pembelian makanan di luar. Maka kita punya kontrol untuk kurangi frekuensinya atau kurangi jumlahnya tersebut.

Baca Juga: 11 Nasihat dari Pakar Keuangan, Nomor 10 Bikin Terkejut

2. Alternatif (Alternate)

Harus memiliki alternatif lain. Jika borosnya pengeluaran karena makan di luar, maka alternatifnya misal dengan pesan antar. Tetap boleh membeli bukan melarangnya, tetapi minimal mengurangi ongkos transportnya, dan jika membeli pesan antar, Anda bisa membeli lauknya saja tanpa beli nasinya atau minumannya yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Contoh alternatif lainnya adalah tentu saja dengan memasak sendiri. Jika ingin memulai alternatif ini, bertahap saja mulai dari lakukan pemesanan lauknya saja, dan memasak sendiri tetapi dengan bahan setengah jadi, sampai bisa masak dari nol.

 

3. Kurangi/ Dihilangkan (Delete)

Jika Anda ingin pengeluaran yang tidak diperlukan untuk kebutuhan sebaiknya Anda hapus dari resolusi tersebut. Pengeluaran yang ingin membuat Anda hemat pasti sulit untuk mengontrol, dan dicari alternatifnya juga tidak ketemu. Senjata pamungkasnya adalah delete alias hapus saja dari daftar pengeluaran.

Baca Juga: Menjaga Keuangan Tetap Sehat meski Hobi Belanja, Caranya?

Demikian dari tips di atas tersebut, Anda harus belajar untuk lebih berhemat bagi Si pemboros agar pengeluaran juga terkontrol.

“Yang terpenting ingat tiga tips seperti Ctrl + Alt + Del. Jika komputer hang, pencet tiga tombol ini bersamaan untuk restart. Begitu juga kalau mau start ulang kebiasaan baru dalam belanja,” pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini