nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peserta CPNS yang Tak Lengkapi Berkas Dianggap Tidak Lulus

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 14:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 03 320 1999451 peserta-cpns-yang-tak-lengkapi-berkas-dianggap-tidak-lulus-SPZeDXlcni.jpg Foto: Peserta Ujian CPNS (Taufik/Okezone)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus melakukan percepatan verifikasi dan validasi data Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Setelah pemberkasan rampung nantinya instansi tersebut akan mendapatkan digital signature (DS) untuk segera diumumkan kepada publik hasil seleksi CPNS.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, bagi para peserta yang dinyatakan kepada lulus diharapkan segera mengumpulkan dan melengkapi berkas yang dibutuhkan. Sebab menurutnya, berkas tersebut sebagai syarat bagi peserta yang lulus mendapatkan nomor induk pegawai (NIP).

Ridwan pun mengaku jika pihaknya tidak ingin berandai-andai mengenai kemungkinan persyaratan yang tidak bisa dipenuhi peserta. Menurutnya, BKN tidak akan memberikan dispensasi apapun kepada peserta yang tidak melengkapi persyaratan tersebut alias dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

"BKN secara normatif tidak mau berandai-andai. Lengkapi pemberkasan atau kami TMS-kan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (3/1/2019).

 Baca Juga: 45 Instansi Belum Umumkan Hasil Tes CPNS 2018, Siapa Saja?

Ridwan menambahkan, hingga saat ini ada 45 instansi yang belum mengumumkan hasil seleksinya kepada publik. Adapun 45 instansi tersebut terdiri dari 37 instansi yang masih tahap proses di BKN.

Sedangkan 7 instansi masih menunggu finalisasi dari instansi. Kemudian satu sisanya sedang dilakukan verifikasi dan validasi data (verval) ulang.

"45 instansi masih di verifikasi dan validasi data. Ada satu instansi yang kami lakukan verval karena ada kekeliruan," ucapnya.

 Baca Juga: Kemenag Masih Jalani Proses Verifikasi SKB CPNS, Hasil Akhir Diumumkan 4 Januari

Adapun 7 instansi yang masih menunggu finalisasi dari instansi adalah Kementerian Riset, Teknologi dan dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Kementerian Agama, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kejaksaan Agung, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sedangkan daftar 37 instansi yang masih proses di BKN antara lain : Kemen PPA, Kemendag, Bappenas, BPPT, Bekraf, Pidie, Kota Banda Aceh, Labuhanbatu, Nias Selatan, Nias Barat, Nias Utara, Tanah Datar, Tanjung Jabung Barat, Merangin, OKU Timur, Mukomuko.

Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Bandung, Banyumas, Ponorogo, Kota Probolinggo, Barito Selatan, Lamandau, Banjar, Kota Samarinda, Minahasa Sel, Kota Manado, Bulukumba, Takalar, Konawe Utara, Kota Kendari, Kupang, Manggarai Timur, Halmahera Tengah, Lingga, Mamasa dan Kemenpora Atlet. Sementara satu instansi yang dilakukan verval ulang dirinya tidak menyebutkan secara rinci.

 Baca Juga: 45 Instansi Belum Umumkan Hasil CPNS, BKN : Lebih Cepat Lebih Baik

Ridwan menambahkan, pihaknya menginginkan agar proses pemberkasan bisa rampung secepatnya, sehingga para calon pegawai yang lulus bisa segera bekerja di bidangnya masing-masing.

"Iya (targetnya Februari). Lebih cepat lebih baik," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini