nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PGN-Pertagas Integrasi Jaringan Gas di Sumatera dan Jawa, Ini Daftarnya

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 18:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 11 320 2003270 pgn-pertagas-integrasi-jaringan-gas-di-sumatera-dan-jawa-ini-daftarnya-Eh3hrZ0wdW.jpg Foto: Pipa Gas (Okezone)

JAKARTA - Pasca-sukses mencaplok PT Pertamina Gas (Pertagas) dan beberapa anak usahanya, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) langsung gerak cepat. Salah satu langkahnya adalah dengan membangun dan mengintegrasikan jaringan gas baik itu di Pulau Jawa maupun Sumatera.

Direktur Infrastruktur PGN Dilo Seno Widagdo mengatakan, pasca-akuisisi ini pihaknya menargetkan jaringan gas bisa tersambung seluruhnya dari Aceh hingga ke Jawa Timur. Pasalnya masih ada beberapa daerah yang masih belum teraliri oleh jaringan gas.

"Proyek kita memang lebih fokus mulai konsolidasikan jaringan pipa di Pertagas. Kita memang dari Aceh inginnya itu nyambung sampai Jawa Timur," ujarnya di Kantor PGN, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

 Baca Juga: Caplok Pertagas Rp20,1 Triliun, Bos PGN: Kas Aman

Untuk tahun ini lanjut Dilo, ada beberapa proyek pembangunan dan integrasi jaringan gas yang akan selesai. Untuk di Pulau Jawa, pihaknya akan menargetkan integrasi jaringan dari Purwakarta hingga Cirebon bisa rampung.

Di sisi lain, dirinya juga berfokus untuk mengejar pembangunan dan integrasi jaringan gas dari Gresik hingga Semarang, sehingga diharapkan, jaringan gas bisa tersambung seluruhnya dari Cirebon hingga Gresik.

Sementara untuk Sumatera, ada beberapa proyek yang akan dikejar penyelesaiannya. Namun untuk tahun ini, integrasi jaringan gas yang ada di Palembang Sumatera Selatan yang akan terlebih dahulu rampung.

"Tahun ini akan kita selesaikan Gresik-Semarang. Palembang. Jawa Barat sekitar 60-80 Kilometer (km) (Cirebon-Purwakarta) tadi juga akan kita selesaikan," jelasnya.

Baca Juga: PGN Akuisisi Pertagas, Harga Gas Langsung Turun?

Di sisi lain ada beberapa proyek pembangunan dan integrasi jaringan Pertagas yang akan dilakukan. Seperti misalnya adalah jaringan gas dari Medan menuju Dumai dengan total panjang 400 km.

"Cirebon ke Semarang 300-400 km (akan diselesaikan). Semarang sampai Gresik sudah selesai mungkin di 2019 ini bisa kita selesaikan. Semua termasuk ini. Memang kita enggak bilang kau selesai satu tahun. Tapi 5 tahun kita fokus bagaimana bisa mengkoneksikan transmisi Sumatera dan Jawa," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini