nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Izin Impor Daging Kerbau 100 Ribu Ton Ditargetkan Keluar Bulan Ini

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 18:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 14 320 2004365 izin-impor-daging-kerbau-100-ribu-ton-ditargetkan-keluar-bulan-ini-dU1MnNK8H5.jpg Daging Kerbau (Foto: Sindo)

JAKARTA - Pemerintah memutuskan kuota impor daging kerbau sebanyak 100 ribu ton untuk tahun ini yang ditugaskan pada Perum Bulog. Hal itu berdasarkan hasil rapat koordinasi terbatas (rakortas) antar kementerian terkait yang dipimpin Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Desember 2018 lalu.

Direktur Pengadaan Bulog Bachtiar menyatakan, pelaksanaan impor menunggu surat Persetujuan Impor (PI) dikeluarkan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Targetnya PI untuk impor daging kerbau tersebut terbit pada bulan ini.

"(Kira-kira) Januari ini bisa keluar (PI-nya)," kata dia ditemui di Hotel Bidakara, Senin (14/1/2019).

Baca Juga: Bulog Siapkan Daging Kerbau Beku, Harganya Rp80.000/Kg

Bachtiar menyatakan, daging kerbau ini untuk memenuhi kebutuhan di bulan Ramadan dan Lebaran yang jatuh pada Juni 2019. Pemesanan yang dilakukan sejak awal tahun ini untuk antisipasi agar pemenuhan kebutuhan tidak secara mendadak, sebab pada hari raya kebutuhan daging memang meningkat.

"Minimal bisa enggak dadakan (impornya). Jadi maksud kita diatur kuota datangnya, tidak langsung seketika, tetapi diatur bertahap sesuai kebutuhan jadi pembiayaan tidak mahal," kelas dia.

Jelang Tradisi Meugang, Harga Daging di Aceh Merangkak Naik 

Dia menyatakan, kouta 100 ribu itu tersebut tak berbeda dari kuota tahun lalu, di mana realisasinya mencapai sekitar 70 ribu ton. Pada tahun ini untuk tahap pertama impor setidaknya akan sebanyak 8 ribu ton.

"Sekali datang bisa 8 ribu ton, tapi nanti kita cek permintaan, kalau ternyata banyak maka kita tambah jumlahnya (saat impor pertama)," jelas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini