nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Minyak Dunia Meroket 3%

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 02 Februari 2019 10:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 02 320 2012822 harga-minyak-dunia-meroket-3-nfuGddttoy.jpg

JAKARTA - Harga minyak dunia mengalami kenaikan hingga 3% pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi). Kenaikan tersebut didorong data mingguan yang dikeluarkan oleh sebuah lembaga riset migas tentang pengurangan sumur bor migas.

Melansir Reuters, Sabtu (2/2/2019), harga minyak mentah Brent naik USD1,91 per barel atau 3,14%, menjadi USD 62,75 per barel. Harga minyak ini mencatat kenaikan mingguan sekitar 1,9%.

Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) berjangka AS mengakhiri sesi di USD 55,26 per barel. Angka tersebut naik USD 1,47 per barel atau 2,73% dan naik sekitar 3% pada minggu ini.

Kenaikan harga minyak menyusul sanksi yang diberikan kepada Venezuela. Dengan sanksi ini bisa memperketat pasokan minyak mentah dunia.

Kenaikan ini juga didorong oleh positifnya data tenaga kerja Amerika Serikat yang dirilis baru-baru ini.

Harga minyak naik juga dorongan dari Wall Street setelah data pertumbuhan pekerjaan AS yang mengejutkan mengejutkan memenuhi permintaan pasar saham.

Sentimen berikutnya yang mendorong kenaikan harga minyak adalah data mingguan yang dikeluarkan oleh sebuah lembaga riset migas yang menunjukkan bahwa para perusahaan minyak dan gas (migas) di AS sedikit mengurangi jumlah sumur yang mereka bor atau ambil minyaknya.

Seperti diketahui, perusahaan jasa energi General Electric Co Baker Hughes melaporkan bahwa perusahaan migas AS memangkas jumlah sumur minyak yang beroperasi untuk minggu keempat Januari.

Dengan pemotongan ini membuat jumlah sumur minyak yang beroperasi saat ini terendah dalam delapan bulan. Data minggu lalu menunjukkan jumlah rig di Januari turun paling banyak dalam sebulan sejak April 2016.

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini