nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prabowo Sindir Impor di Masa Panen, Mendag: Itu Keputusan Rakor

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 18 320 2019748 prabowo-sindir-impor-di-masa-panen-mendag-itu-keputusan-rakor-L6iqzWaE6O.jpg Foto: Mendag (Okezone)

BANTEN - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memberikan penjelasan terkait adanya impor saat panen berlangsung. Di mana sebelumnya calon presiden (capres) 02 Prabowo menyinggung adanya impor saat panen.

"Perubahan peraturan menteri (Permen), terkait impor saat panen itu tidak ada. Jadi untuk impor tersebut berdasarkan Rapat Koordinasi (Rakor), dengan beberapa pihak. Saya mengeluarkan berdasarkan rakor," ujarnya di Pabrik Mayora Cikupa, Tangerang, Banten, Senin (18/2/2019).

 Baca Juga: Prabowo-Sandi Janjikan Harga Pangan Terjangkau Masyarakat

Dia menjelaskan Prabowo Subianto mungkin tidak mengetahui terkait impor saat panen tersebut. "Mungkin pak Prabowo enggak tahu bahwa itu keputusan rakor," tuturnya.

Seperti yang diberitakan Okezone, calon presiden-wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berkomitmen untuk menyederhanakan rantai distribusi bahan pangan. Tujuannya, untuk menjaga stabilitas harga dan memastikan harga tetap terjangkau oleh masyarakat.

"Sehingga harga pangan stabil dan terjangkau. Kami banyak dengar cerita masyarakat yang mengeluh harga sembako mahal. Apa yang kami temui di 1.161 titik kunjungan itu riil," ujar Tim Ekonomi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Arie Muftie.

 Baca Juga: Janji Prabowo soal Impor, TKN: Tak Ada Negara yang Tidak Impor

Tidak hanya menciptakan rantai distribusi sederhana dan berkeadilan, kata Arie, Prabowo-Sandi juga berkomitmen untuk tidak melakukan impor pangan khususnya saat panen. Dia menilai, maraknya impor pangan menjadi salah satu penyebab nilai tukar petani menurun.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini