Sri Mulyani Minta Kementerian Lembaga Kelola Anggaran 2019 Lebih Berkualitas

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 20 Februari 2019 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 20 20 2020438 sri-mulyani-minta-kementerian-lembaga-kelola-anggaran-2019-lebih-berkualitas-GlQIYhKJbk.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Yohana/Okezone

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan rapat koordinasi nasional (rakornas) mengenai pelaksanaan anggaran kementerian/lembaga (K/L) di tahun 2019. Acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Rakornas kali ini pun bertajuk Sineegi Membangun Negeri: Pembangunan Infrastruktur, Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Kesejahteraan Menuju Sumber Daya Manusia (SDM) yang Kompetitif.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, tema tersebut mencerminkan pentingnya pengelolaan anggaran, sebab infrastruktur dan SDM sangat berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Sri Mulyani Ingatkan Hati-Hati Kelola Arsip

"Tema kali ini sangat penting dan sangat tepat untuk kita bahas bersama. Ini tahun ke-5 Kabinet Kerja untuk melaksanakan program kerjanya. Oleh karena itu kita ingin laksanakan secara fokus rencana-rencana anggaran yang sudah disusun dan dialokasikan di 2019," ujarnya dalam sambutan di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Dia menjelaskan, pembangunan fondasi SDM Indonesia yang kompetitif harus dimulai dari penguatan layanan dasar pada tiga sektor utama, yaitu infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan. Dari sisi kebijakan fiskal, Pemerintah harus memberikan dukungan dalam bentuk alokasi belanja serta menjaga aspek implementasi dan tata kelola. Sehingga, alokasi belanja tersebut dapat dieksekusi secara tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat jumlah.

Pada tahun 2019, volume belanja APBN semakin meningkat yaitu mencapai Rp2.461,1 triliun. Di mana Pemerintah mengalokasikan anggaran belanja untuk infrastruktur sebesar Rp415 triliun, untuk kesehatan sebesar Rp123,1 triliun, serta sebanyak Rp492,5 triliun di bidang pendidikan.

"Berharap dengan rakornas ini K/L mampu satukan pikiran dan niat, serta dalam pelaksanaan mengelola anggarannya lebih solid dan kompak," kata dia.

sri mulyani

Dalam rakornas tersebut, Sri Mulyani juga memberikan apresiasi kepada K/L yang mampu mengelola anggaran dengan baik di tahun lalu. Dalam kategori pagu anggaran kecil di bawah Rp2,5 triliun diberikan kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Badan Tenaga Nuklir Nasional, serta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa.

Kemudian untuk kategori pagu sedang yakni Rp2,5 triliun hingga Rp10 triliun diberikan kepada Kementerian Luar Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Dalam Negeri.

Lalu untuk pagu besar atau di atas Rp10 triliun diberikan kepada Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, serta Kementerian Pendidikan dan Budaya

"Diharapkan K/L yang sudah mendapatkan penghargaan bisa terus menjaga kinerjanya," pungkasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini