nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapan Pemenang Lelang Proyek Tol Tanggul Rob Laut di Semarang Diumumkan?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 22:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 19 320 2045631 kapan-pemenang-lelang-proyek-tol-tanggul-rob-laut-di-semarang-diumumkan-YdNBmZfKjZ.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Kepastian pemenang lelang proyek jalan tol tanggul laut Semarang - Demak hingga saat ini masih belum jelas. Pasalnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih belum menetapkan siapa pemenang lelangnya

Seperti diketahui, ada empat konsorsium yang telah dinyatakan lolos tahap pra kualifikasi, yatu PT Jasa Marga Tbk-PT Waskita Toll Road-PT Adhi Karya Tbk-PT Brantas Abipraya (Persero). Kemudian, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk-PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Misi Mulia Metrical PT China Harbour Indonesia dan Sinohydro Corporation Limited.

Dari empat yang sudah lolos, ada dua kontraktor yang sudah mengajukan ketertarikannya untuk membangun jalan tol tersebut. Dari dua kontraktor tersebut tidak ada nama konsorsium asal China.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini belum ada penetapan hasil lelang proyek tersebut. Jika nantinya sudah ada pemenangnya maka akan segera diumumkan dan dilakukan kontrak.

"Belum ada penetapan," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Saat dikonfirmasi mengenai posisi PT Adhi Karya (Persero) yang sudah menyatakan kekalahannya, Menteri Basuki enggan berkomentar. Akan tetapi, pengumuman akan segera dilakukan dalam waktu dekat

"Ya ini kalau sudah selesai (kita umumkan)," ucapnya

Sebelumnya, Direktur Utama Adhi Karya, Budi Harto mengungkapkan, konsorsium yang dibentuknya gagal mendapatkan proyek senilai Rp 15,3 triliun tersebut. Adhi sebelumnya membentuk konsorsium dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Waskita Toll Road, dan PT Brantas Abipraya (Persero) saat mengajukan tender.

"Sudah ditenderkan, sudah diputuskan, pemenangnya PP-Wika," kata Budi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Tol Semarang-Demak dirancang sepanjang 27 kilometer dengan investasi yang dibutuhkan Rp 15,3 triliun. Sejak awal, pembangunan tol ini ditargetkan dapat terlaksana pada tahun ini dan selesai pada 2021.

Secara teknis Tol Semarang-Demak memiliki empat simpang susun yaitu Kaligawe, Terboyo, Sayung dan Demak.

Kecepatan rencana 100 kilometer per jam dengan arah pelebaran pada jalan tol ini adalah pelebaran ke dalam dengan jalur awal 2x2 dan jalur akhir 2x3.

Tol Semarang-Demak dibangun untuk meningkatkan aksebilitas dan kapasitas jaringan jalan dalam melayani kawasan utara Jawa. Seperti diketahui kondisi lalu lintas kawasan utara Jawa kepadatannya cukup tinggi.

Jalan tol ini akan diintegrasikan dengan tanggul laut di pantai utara Kota Semarang, mulai dari wilayah Kaligawe hingga Kali Sayung di Kabupaten Demak.

Jalan tol ini akan diintegrasikan dengan tanggul laut di pantai utara Kota Semarang, mulai dari wilayah Kaligawe hingga Kali Sayung di Kabupaten Demak.

Tanggul laut tersebut berfungsi untuk mengatasi banjir, rob dan penurunan (land subsidence) di Semarang Utara bagian timur khususnya kawasan Kaligawe sampai Sayung

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini