nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertumbuhan E-Commerce Diprediksi Meningkat hingga 31% Tahun Ini

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 20:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 07 320 2052764 pertumbuhan-e-commerce-diprediksi-meningkat-hingga-31-tahun-ini-OruK9hMmUY.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Pertumbuhan industri perdagangan elektronik (e-commerce) di Indonesia terus meningkat. Diperkirakan jumlah e-commerce akan mengalami pertumbuhan hingga 31% pada tahun ini.

"Jadi banyak penyebab yang mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia cukup pesat. Salah satunya yakni letak geografis sebagai negara kepulauan membuat teknologi mutlak diperlukan," ujar CEO Blanja.com, Jemi Confido di Gedung Argo Plaza Kuningan Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Baca Juga: E-Commerce Kalahkan Ritel pada Ramadan?

Menurutnya, negara kepulauan membuat transaksi online meningkat, khusunya untuk konsumen yang posisinya agak jauh dari pusat kota.

"Sehingga bisa langsung kroscek harga, lalu delivery tidak tergantung pada mediator," tutur dia.

Baca Juga: E-Commerce Siap 'Rebut' Rezeki Peritel

Dia menjelaskan, pertumbuhan pendapatan per kapita masyarakat Indonesia juga turut mendorong belanja konsusmsi. Termasuk belanja yang dilakukan melalui e-commerce. Apalagi pendapatan kalangan menengah Indonesia sedang membaik.

"Kita bisa Iihat dari demand yang besar terjadi dipicu sebagain besar oleh new demand. Karena memang Ada peningkatan income perkapita dari masyarakat," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini