Share

Menteri PUPR: Proyek Tol Pandaan-Malang Bisa Selesai Lebih Cepat

Senin 13 Mei 2019 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 13 320 2055094 menteri-pupr-proyek-tol-pandaan-malang-bisa-selesai-lebih-cepat-QY2sP9xXvc.jpg Jalan Tol (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya akan mempercepat penyelesaian proyek Jalan Tol Pandaan-Malang, karena sudah dinantikan masyarakat sejak lama. Saat ini, seksi 1-3 ruas Tol Pandaan-Malang sudah dioperasikan, sementara seksi 4-5 ditargetkan selesai November 2019.

"Mudah-mudahan keseluruhan ruas Tol Pandaan-Malang bisa selesai lebih cepat," katanya dilansir dari Antaranews, Senin (13/5/2019).

Mengenai tarif, Menteri Basuki mengatakan tarif belum diberlakukan sepanjang masa sosialisasi kepada masyarakat. Menurut dia, ruas tol tersebut sudah sangat ditunggu warga sehingga perlu dipercepat pemanfaatannya, termasuk untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2019.

Sementara itu, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan untuk Tol Pandaan-Pandaan Seksi 4 sepanjang 4,8 Km menuju Kota Malang dapat dibuka fungsional pada saat mudik.

Baca Juga: Presiden Targetkan Tol Pandaan-Malang Beroperasi Akhir 2019

"Progresnya sudah 87%, namun bisa kita fungsikan untuk membantu kelancaran mudik. Hanya saja gerbang keluarnya di Pakis tidak terlalu besar sehingga akan diatur sebagian bisa keluar di Pakis sebagian keluar di Singosari," papar Sugiyartanto.

Pada exit Singosari juga tengah dikerjakan pembangunan underpass Karanglo yang berfungsi memecah arus lalu lintas dari Malang ke Surabaya atau sebaliknya, dengan kendaraan yang keluar Singosari menuju Batu sehingga diharapkan tidak menimbulkan kemacetan.

Ia mengemukakan bahwa beroperasinya Tol Pandaan-Malang mempercepat waktu tempuh dan biaya mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang, serta semakin menunjang sektor pariwisata seperti kawasan wisata dan taman safari Prigen, kebun teh Wonosari, Candi Singosari dan kawasan wisata Batu.

Tol Pandaan-Malang juga akan meningkatkan akses bagi Kawasan Ekonomi Khusus Singosari dan Bandara Sultan Abdul Rachman Saleh. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan Tol Pandaan-Malang seksi I-III, yakni Pandaan-Singosari, digratiskan hingga Lebaran 2019 sebagai bentuk uji coba dan mamperkenalkan kepada masyarakat.

jalan tol

"Tadi saya bisik-bisik dengan Ibu Menteri BUMN, jangan bayar dulu sampai Lebaran, sebagai percobaan," kata Jokowi saat meresmikan Tol Pandaan-Malang seksi I-III di lokasi Gerbang Pintu Keluar Tol Pandaan-Malang seksi III, yakni Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin.

Kepala Negara menyatakan bahwa permintaan itu telah disetujui oleh Menteri BUMN Rini Sumarno, sehingga dilakukan pengratisan Tol Pandaan-Malang seksi I-III yang memiliki panjang 30,7 km. Presiden mengatakan Tol Surabaya-Malang ini sudah lama ditunggu oleh masyarakat, karena akses ke kota yang terkenal dengan Kota Wisata ini memakan waktu lama, yakni 3 hingga 3,5 jam.

"Dulu bisa 3 jam, bahkan bisa 3,5 jam. Sekarang (tol) ini sudah jadi, diperkirakan bisa ditempuh satu jam," kata Presiden.

Kepala Negara mengakui bahwa pembangunan Tol Pandaan-Malang ini belum selesai, masih sekitar 7,8 Km lagi yang harus diselesaikan maksimal akhir tahun.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini