nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI Bicara soal Perang Dagang: Modal Asing Mulai Pulang Kampung

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 14:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 16 213 2056505 bi-bicara-soal-perang-dagang-modal-asing-mulai-pulang-kampung-OV1sEqZP72.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menilai pemulihan ekonomi global lebih rendah dari perkiraan dengan kembali meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan. Hal ini berdampak pada kinerja untuk mendorong ekspor dan menarik modal asing ke Indonesia.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) diperkirakan menurun dipicu stimulus fiskal yang terbatas, pendapatan dan keyakinan pelaku ekonomi yang belum kuat, serta permasalahan struktur pasar tenaga kerja yang terus mengemuka.

“Perbaikan ekonomi Eropa diprakirakan lebih lambat akibat melemahnya ekspor, belum selesainya permasalahan di sektor keuangan, serta berlanjutnya tantangan struktural berupa aging population,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Baca Juga: BI Masih Tahan Suku Bunga Acuan 6%

Menurutnya, ekonomi China juga diperkirakan belum kuat, meskipun telah ditempuh stimulus fiskal melalui pemotongan pajak dan pembangunan infrastuktur.

Kondisi pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat berpengaruh pada volume perdagangan dan harga komoditas global yang menurun. Kecuali harga minyak yang naik pada periode terakhir dipengaruhi faktor geopolitik.

Baca Juga: Sambut Lebaran 2019, Bank Indonesia Siapkan Rp217,1 Triliun

Sementara itu, ketidakpastian pasar keuangan dunia yang meningkat dipengaruhi oleh eskalasi perang dagang AS dan China sehingga kembali memicu peralihan modal dari negara berkembang ke negara maju, meskipun respons kebijakan moneter global mulai melonggar.

“Kedua perkembangan ekonomi global yang kurang menguntungkan tersebut memberikan tantangan dalam upaya menjaga stabilitas eksternal baik untuk mendorong ekspor maupun menarik modal asing,” jelasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini