nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belajar Entrepreneurship di Masjid untuk Dorong Ekonomi Umat

Minggu 19 Mei 2019 17:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 19 320 2057634 belajar-entrepreneurship-di-masjid-untuk-dorong-ekonomi-umat-TIXANVcqTF.jpg Foto: Menpan-RB Syafruddin (Dokumentasi Humas Kemenpan-RB)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin memotivasi pemuda di Indonesia untuk dapat menggerakan ekonomi dengan menjadi entrepreneur.

Syafruddin yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengatakan, Indonesia memiliki sekitar 800.000 masjid yang dapat bermanfaat untuk belajar entrepreneur. Pemuda di kawasan masjid bisa mengelola usaha dari sini.

Baca Juga: Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW, Larangan Keberadaan Calo

“Alangkah baiknya jika dimulai dengan entrepreneur yang mengembangkan ekonomi umat di seluruh masjid di Indonesia,” ujar Syafruddin, dikutip dari Antaranews, Minggu (19/5/2019).

Dikatakan, bahwa pada zaman Rasullah SAW, masjid difungsikan untuk berbagai macam kegiatan. Mulai dari berdakwah, memutuskan keputusan strategis pemerintah, dan termasuk perputaran roda ekonomi.

Baca Juga: Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW, Jangan Saingi Saudara

Salah satu manfaat dari pengembangan entrepreneurship di wilayah masjid tak lain untuk menyongsong kebangkitan Islam yang saat ini sedang berkembang dengan pesat. Dengan begitu, gerakan ini dapat menjadi pedoman dalam menyongsong kebangkitan Islam dan dapat bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

Mantan Wakapolri ini juga kembali mengingatkan para pemuda agar fokus terlebih dahulu dalam mengembangkan entrepreneurship dan jangan terjun terlebih dahulu ke dalam dunia politik. Walaupun tidak dilarang dalam ajaran Islam untuk berpolitik, tetapi pengalaman di dalam dunia entrepreneur dapat menjadi bekal yang bermanfaat bagi yang ingin terjun ke dalam dunia politik nantinya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini