nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuan Sentuh Level Terendah Sejak Krisis Ekonomi 2008

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 11:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 20 278 2057842 yuan-sentuh-level-terendah-sejak-krisis-ekonomi-2008-wkAqf1S3vr.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Nilai mata uang China, yuan menyentuh level terendahnya atas dolar Amerika Serikat (AS) sejak November 2018.

Hal ini diproyeksi bakal membuat trade war alias perang dagang antara China dan AS bakal lebih complicated. Demikian dilansir dari CNN, Senin (20/5/2019).

 Baca Juga: Yuan China Anjlok karena Perang Dagang, Terlemah sejak Desember

Pada Jumat akhir pekan lalu, nilai yuan mencapai 6,92 yuan per USD. Mata uang China ini terkoreksi sebanyak 2,7% sepanjang bulan ini.

Nilai yuan telah menembus level psikologisnya, yakni 7 yuan per USD, di mana pernah diraihnya pada saat krisis finansial 2008.

Apa yang terjadi selanjutnya menjadi sangat penting. China memiliki kepentingannya sendiri dalam menstabilkan mata uangnya.

 Baca Juga: Aksi China Balas Kebijakan Tarif Trump, Dolar AS Langsung Jeblok

Di sisi lain, Presiden AS Donald Trump memiliki argumen sejak lama, jika China sengaja melemahkan nilai mata uangnya untuk membuat negaranya lebih kompetitif.

Depresiasi nilai yuan ini akan membantu China menangkis dampak dari pemberlakukan tarif dari AS, dan membuat ekspornya tetap bisa diterima di AS.

Walau begitu, penurunan yang terlalu signifikan dari yuan akan membuat modal asing keluar dari China dan mengganggu kestabilan perekonomiannya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini