nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Darmin: Tiket Pesawat Penyumbang Inflasi Mei 2019

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 16:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 24 20 2060001 menko-darmin-tiket-pesawat-penyumbang-inflasi-mei-2019-mNXEEFsuGH.jpg Foto: Menko Darmin (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat bakal mengambil andil besar dalam inflasi nasional di Mei 2019. Hal ini seiring meningkatnya harga tiket pesawat beberapa waktu terakhir, terlebih jelang hari raya Idul Fitri 1440.

"Yang mungkin dampaknya cukup besar adalah tiket pesawat, dia sudah turun tapi turunnya tidak besar. Walaupun harus dicatat naiknya juga bukan hanya Mei saja loh, tapi sudah terjadi di bulan sebelumnya," kata di ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

 Baca Juga: BI: Inflasi Minggu Ketiga Mei 0,47%

Darmin mengatakan, tiket pesawat saat ini memang telah mengalami penurunan, namun jumlahnya tidak besar. Oleh sebab itu, dia memprediksi kenaikan tiket bakal cukup berdampak pada inflasi di bulan Mei 2019.

Menurutnya, tiket pesawat merupakan produk jangka panjang, yang sulit mengalami penurunan harga. Kendati demikian, dia menekankan perlu melihat kenaikan harga tiket dengan besarnya peranan terhadap pengeluaran rumah tangga terhadap layanan jasa tersebut.

"Tiket pesawat mungkin dia agak besarlah pengaruhnya ke pengeluaran rumah tangga. Artinya bisa lebih besar (andil inflasinya) dari komoditas lainnya seperti bawang putih, tapi tidak lebih besar juga peranannya dari kenaikan harga beras," paparnya.

 Baca Juga: Survei BI: Tiket Pesawat, Cabai Merah hingga Bawang Putih Picu Inflasi Mei 0,51%

Dia menjelaskan, bawang putih juga akan menjadi komoditas yang turut memberi andil pada inflasi bulan ini. Namun sifatnya produk jangka pendek, yakni cepat mengalami penurunan harga.

Oleh sebab itu, Darmin meminta masyarakat untuk tak khawatir terhadap inflasi bawang putih sebagai salah satu penyumbang inflasi. "Kalau bawang putih itu akan terus turun. Sehingga walaupun di satu bulan dia naik, tapi di bulan berikutnya dia turun," kata dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini