nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ganggu Perdagangan Global, G20 Harap Tensi Perang Dagang Menurun

Minggu 09 Juni 2019 21:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 09 320 2064743 ganggu-perdagangan-global-g20-harap-tensi-perang-dagang-menurun-JmyV4jou7K.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JEPANG - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, forum G20 berupaya untuk menurunkan tensi perang dagang yang berpotensi mengganggu kinerja perdagangan global.

"Kita mengharapkan ada deskalasi perang dagang, jadi diturunkan tensinya," kata Enggar saat ditemui di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri G20 mengenai Perdagangan dan Ekonomi Digital, dikutip dari Antaranews, di Tsukuba, Jepang, Minggu (9/6/2019).

Enggar mengatakan upaya ini dilakukan agar pertumbuhan perdagangan global tidak makin menurun seperti yang diproyeksikan oleh Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO.

WTO memproyeksikan perdagangan global pada 2019 hanya tumbuh sebesar 2,6%, atau menurun dibandingkan periode 2017 sebesar 4,0% dan 2018 sebesar 3,6%.

"Bisa jadi apabila kondisinya seperti ini, mereka kembali melakukan penyesuaian proyeksi pada semester dua 2019," kata dia.

Baca Juga: 4 Pandangan Alibaba soal Perang Dagang AS-China

Untuk itu, upaya menurunkan tensi perang dagang yang makin memanas antara AS dan China ini harus dilakukan agar seluruh dunia tidak mengalami kelesuan perdagangan.

"Indonesia sudah menyampaikan mengenai penyamaan persepsi, tapi kita juga harus berselancar dari dua kepentingan," kata Enggar.

Pertemuan Tingkat Menteri G20 mengenai Perdagangan dan Ekonomi Digital berlangsung selama 8-9 Juni 2019 dan membahas perkembangan ekonomi terkini.

Beberapa di antaranya adalah pertukaran data ekonomi digital, penurunan tensi perang dagang, pengurangan subsidi untuk perdagangan yang lebih adil, reformasi peran WTO dan pentingnya kerja sama multilateral.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini