nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubernur BI: Ada Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 20:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 17 20 2067544 gubernur-bi-ada-ruang-penurunan-suku-bunga-acuan-kut5BNc41Y.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan, ada ruang penurunan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada tahun ini.

Hal tersebut disampaikannya saat memaparkan asumsi makro untuk Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 kepada Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)RI.

Dia menyatakan, ruang penurunan suku bunga itu sejalan dengan kondisi inflasi yang relatif stabil hingga pertengahan tahun 2019 ini.

"Jadi kalau mempertimbangkan inflasi yang rendah, pertumbuhan ekonomi yang perlu didorong, memang kami sudah tahu bahwa ada ruang untuk menurunkan suku bunga," ujar Perry di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Baca Juga: BI Diprediksi Turunkan Suku Bunga Acuan

Kendati demikian, pihaknya akan terus mencermati kondisi pasar keuangan global, serta angka neraca pembayaran nasional. Menurutnya, masih berlangsungnya ketidakpastian ekonomi global membuat Bank Sentral menahan suku bunga pada bulan Mei 2019.

Saat ini perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China masih berlangsung, perundingan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa atau Brexit, kondisi geopolitik di Timur Tengah, yang membuat pembalikan arus modal asing dari negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Sri Mulyani: BI Bakal Turunkan Suku Bunga

"Kami masih mencermati kondisi pasar keuangan global dan neraca pembayaran Indonesia dalam mempertimbangkan terbukanya ruang bagi kebijakan moneter yang akomodatif sejalan dengan rendahnya inflasi dan perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi di dalam negeri," jelas dia.

Sekedar diketahui, saat ini suku bunga acuan BI masih dipertahankan di level 6% sejak November 2018, dengan level terendah pada Mei 2018 sebesar 4,25%. Di mana kini suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini