nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Efek Panjang Perang Dagang, Begini Dampak dari AS hingga Eropa

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 14:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 20 20 2068741 efek-panjang-perang-dagang-begini-dampak-dari-as-hingga-eropa-6Lx6TMQwli.jpg Dampak Perang Dagang (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Eskalasi ketegangan hubungan dagang yang meningkat makin memengaruhi dinamika perekonomian global. Ketegangan hubungan dagang makin nyata menurunkan volume perdagangan dunia dan memperlambat pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara.

"Perekonomian AS diprakirakan tumbuh lebih rendah akibat ekspor yang menurun, stimulus fiskal yang terbatas, serta keyakinan pelaku ekonomi yang belum kuat," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Baca Juga: 600 Perusahaan AS Desak Trump Selesaikan Perang Dagang dengan China

Ekonomi kawasan Eropa juga melambat dipengaruhi ekspor yang melemah, dan permasalahan struktural terkait aging population yang berlanjut. Pertumbuhan Tiongkok dan India juga melambat akibat penurunan kinerja sektor eksternal serta pelemahan konsumsi dan investasi.

Baca Juga: Ancaman Kenaikan Tarif oleh Presiden Trump Rusak Sistem Perdagangan Global

Pertumbuhan ekonomi yang melambat kemudian mendorong sejumlah bank sentral menerapkan kebijakan moneter yang lebih longgar. Di samping dampaknya terhadap pertumbuhan, tensi ketegangan hubungan dagang yang makin tinggi memicu ketidakpastian di pasar keuangan global, yang kemudian mendorong aliran modal keluar dari negara berkembang ke negara maju (flight to quality).

Perkembangan ekonomi dunia ini memberikan tantangan dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga arus masuk modal asing.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini