nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI Proyeksikan Ekonomi Indonesia 2019 Tumbuh di Kisaran 5%-5,4%

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 15:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 20 20 2068745 bi-proyeksikan-ekonomi-indonesia-2019-tumbuh-di-kisaran-5-5-4-7RGxuB6inc.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memprakirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2019 berada di bawah titik tengah kisaran 5,0-5,4%. BI akan menempuh bauran kebijakan dengan Pemerintah, dan otoritas terkait untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Kinerja Produksi Freeport Turun Tekan Perekonomian Maluku dan Papua

Pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II-2019 juga diprakirakan melandai. Penurunan ini merupakan akibat kinerja ekspor yang turun.

"Eskalasi ketegangan hubungan dagang telah berdampak pada penurunan kinerja ekspor Indonesia akibat terbatasnya permintaan dunia dan turunnya harga komoditas, meskipun sejumlah komoditas seperti kimia, besi dan baja, batubara dan minyak nabati masih relatif baik," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Baca Juga: Penguatan Ekonomi Daerah Pacu Perekonomian Nasional

Investasi non bangunan belum meningkat signifikan dipicu dampak perlambatan ekspor, meskipun investasi bangunan tetap berlanjut.

Sementara itu, konsumsi diprakirakan tetap baik didukung terjaganya daya beli dan keyakinan masyarakat. Permintaan domestik yang tumbuh terbatas mengakibatkan impor diprakirakan menurun. Ke depan, upaya untuk mendorong permintaan domestik perlu ditingkatkan untuk memitigasi dampak dampak negatif perlambatan ekonomi dunia akibat ketegangan hubungan dagang.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini