nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasokan dan Harga Beras Stabil di Tengah Kekeringan

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 10:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 10 320 2076927 pasokan-dan-harga-beras-stabil-di-tengah-kekeringan-DESEadRxZk.jpg Beras (Okezone)

JAKARTA – Musim kemarau tahun ini terpantau lebih lama jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini membuat meningkatnya risiko kekeringan dan kegagalan panen.

Kendati demikian, pasokan dan harga terpantau masih stabil. Hal ini berdasarkan hasil pantauan tim yang diterjunkan Pusat Data dan Informasi (Pusda tin) Kementerian Pertanian (Kementan) pada 1-4 Juli di Provinsi Yogyakarta.

 Baca juga: Tantang Kemensos, Buwas: Kalau Bisa Ambil Alih 100% Bansos, Saya Mundur Jadi Dirut Bulog

Kepala Pusdatin Kementan Ketut Kariyasa mengungkapkan, kondisi di beberapa lokasi di Kabupaten Sleman, Kulonprogo, dan Gunungkidul, menunjukkan pertanaman padi ma sih tumbuh dengan baik.

“Sebab, air irigasi masih tercukupi walaupun ada pengaturan atau pergiliran jadwal pengairan,” kata Ketut Kariyasa di Jakarta kemarin.

 Baca juga: Mentan Pastikan Stok Beras Nasional Aman

Hal ini, kata Ketut, di buktikan dengan hasil pemantauan terhadap kondisi tinggi muka air (TMA) yang ada di Waduk/ Bendungan Sermo yang berlokasi di Kabupaten Kulonprogo.

Waduk ini kondisinya pada 1 Juli lalu masih normal dengan elevasi TMA 131,49 meter dan elevasi TMA rencana 121,68 meter. Secara umum fase per tanaman padi (standingcrop) dibe berapa kecamatan di Kabupaten Sleman, Kulonprogo, dan Gu nungkidul sangat bervariasi, yakni vegetatif-1 umur tanaman 16-30 hari setelah tanam, sampai dengan generatif-1 atau mau panen.

 Baca juga: Penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca di 10 Provinsi Sentra Beras Mampu Tekan Impor

“Kondisi per tanaman padi yang bervariasi ini menggambarkan panen padi 1-2 bulan ke depan di Provinsi Yogyakarta masih aman sehingga pasokan beras masih cukup,” papar Ketut.

Sementara itu, harga beras di pedagang grosir dan eceran di Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Sleman, Kulonprogo, dan Kota Yogyakarta, menunjuk kan pasokan pangan, khususnya beras masih aman sampai 1-2 bulan ke depan.

“Harganya pun masih stabil,” katanya.

Pasokan beras di beberapa pedagang eceran di Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Sleman, Kulonprogo, dan Kota Yogyakarta sebesar 1-3 ton perminggu dan untuk pasokan beras di beberapa pedagang grosir dan eceran sebesar 5-35 ton perminggu. Harga beras berkisar Rp8.500-9.500 per kg.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini