SoftBank Digelontori Rp1.512 Triliun oleh Foxconn, Apple hingga Microsoft

Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 31 320 2085813 softbank-digelontori-rp1-512-triliun-oleh-foxconn-apple-hingga-microsoft-Ff9PnTcyQM.jpg CEO Softbank Masayoshi Son (Foto: Forbes)

JAKARTA - SoftBank kembali membuat geger dunia investasi bidang teknologi. Setelah awal pekan ini sowan ke Presiden Jokowi karena berkomitmen akan melakukan investasi melalui Grab Indonesia senilai USD2 miliar atau setara USD28 triliun (Rp14.000 per USD), kini lembaga asal Jepang itu kembali menjadi perhatian investor.

SoftBank Group Jepang mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan komitmen sekitar USD108 miliar atau setara dengan Rp1.512 triliun dari Apple, Foxconn dan Microsoft. Penggelontoran dana segar itu ditujukan untuk megafund teknologi kedua yang disebutnya dengan Vision Fund 2.

 Baca juga: Dapat Kucuran Rp28 Triliun, Apa yang Bakal Dilakukan Grab?

Konglomerat teknologi Jepang itu mengatakan tujuannya untuk dana itu adalah untuk memfasilitasi percepatan revolusi AI yang berkelanjutan melalui investasi di perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan teknologi dengan pertumbuhan yang pesat. Demikian seperti dikutip dari Forbes, Kamis (31/7/2019).

Pertemuan Softbank dan Jokowi

Dana ini juga menarik komitmen dari berbagai investor yang berbeda termasuk Standard Chartered Bank, dan beberapa lembaga keuangan Jepang. Dana kekayaan-kedaulatan Arab Saudi, salah satu kontributor terbesar untuk Dana Visi Pertama (Vision Fund 1), tidak ada dalam daftar investor untuk dana kedua.

 Baca juga: Dapat Dana USD2 Miliar, Akhirnya Grab Akan Buka Markas Besar di Jakarta

Siapa di Balik SoftBank?

Masayoshi Son adalah seorang miliarder sekaligus pendiri SoftBank. Dia adalah investor di Yahoo dan Alibaba pada awal perusahaan itu berdiri. Sejak itu, dia menggunakan SoftBank untuk mendorong berbagai perusahaan teknologi dan telekomunikasi.

Dia saat ini memiliki kekayaan bersih USD24,5 miliar atau berada di peringkat Nomor 37 pada peringkat real-time Forbes dari para miliarder dunia.

Sekadar diketahui, pada saat pengguliran Vision Fund 1 pada Mei 2017, SoftBank telah mengalirkan uang ke startup dari sektor fintech, transportasi, real estat dan e-commerce. Mereka, antara lain Uber, Didi Chuxing, Flipkart dan WeWork, yang akan go public September ini. (rzy)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini